Ibarat dua sisi mata uang, kartu kredit memberikan keuntungan dan kerugian dalam satu paket. Jika konsumen bisa cerdas dan bijak, maka keberadaan kartu kredit akan menguntungkan. Dan sebaliknya, jika konsumen belum mampu berlaku bijak alias sembrono, kartu kredit akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja dan membuat merana.

Dijaman yang semuanya serba instan ini dalam hal memilih kartu kredit harus jeli dan teliti. Semua kartu kredit dari bank manapun punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah jika kamu membuatnya hanya untuk gengsi supaya terlihat modern dan keren sebaiknya tidak perlu. Tapi jika untuk keperluan bisnis supaya mudah bertransaksi dimana saja dan kapan saja itu sangat dianjurkan. Berikut ulasannya.Kelebihan Kartu Kredit.

1. Aman dari Tindakan Kejahatan

Beberapa orang akan waswas jika harus membawa uang cash dalam jumlah besar untuk bertransaksi. Resiko kehilangan adalah factor yang paling mempengaruhinya. Dengan menggunakan kartu kredit ini, resiko-resiko itu tidak perlu di khawatirkan.

Jikapun harus mengambil resiko besar yaitu kehilangan, maka bisa langsung melaporkannya kepada bank penerbit agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Praktis

Kamu bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja tanpa membawa uang tunai dan tanpa harus membayarnya secara langsung. Tidak perlu repot lagi jika harus membayar tagihan bulanan karena cukup mendaftarkan pada kartu kredit apa yang kamu akan kamu bayar.

Praktis [ Image Source ]

Praktis [ Image Source ]

Dengan demikian waktu mu akan lebih efektif dan terhindar dari kelalaian atau lupa karena sudah otomatis terpotong dari saldo yang ada dalam kartu kredit.

3. Mudah jika ada Kebutuhan Mendadak

Kartu kredit dapat menjadi dana cadangan dan senjata ampuh terakhir untuk berbagai hal yang sifatnya mendadak dan tak terduga. Misalnya saat kamu sedang memerlukan barang tertentu namun tidak memiliki uang cash.

Mudah jika ada kebutuhan mendadak [ Image Source ]

Mudah jika ada kebutuhan mendadak [ Image Source ]

Atau saat keluarga dan teman ada yang sakit dan tak sempat menyiapkan anggaran untuk itu, maka kartu kredit dapat dimanfaatkan terlebih dahulu dan membayarnya akhir bulan pada jatuh tempo.

4. Lebih Mudah Mengelola Keuangan

Jika kamu dan keluarga rutin berbelanja setiap bulan untuk kebutuhan sehari-hari, maka kartu kredit dapat membantumu untuk mengatur cashflow dan mengatur pengeluran yang tercatat pada tagihan yang dikirim setiap 1 kali sebulan.

Mengelola keuangan [ Image Source ]

Mengelola keuangan [ Image Source ]

Biasanya sangat malas kalau buat rincian dalam bentuk tulisan setiap bulannya, dengan kartu kredit kamu tinggal lihat pada lembar tagihan atau biasanya tersimpan dalam email anda.

Kekurangan Kartu Kredit:

1. Dana tak Nyata

Kamu akan latah menggunakannya karena kredit limit yang diberikan oleh bank. Jika kamu tidak mampu berlaku bijak, gaya hidup boros dan berfoya-foya akan membuat tagihan kartu kredit membengkak. Akan lebih buruk lagi jika penggunaan kartu kredit yang tak terkontrol akan membuat besar pasak daripada tiang.

Dana tak nyata [ Image Source ]

Dana tak nyata [ Image Source ]

2. Tergiur atau Bikin Boros Belanja

Berbagai promo dan penawaran menarik yang diberikan kartu kredit setiap bulan akan membuat anda tergiur. Alih-alih memanfaatkan promo yang seharusnya menguntungkan, kamu justru kalap mengikuti promo tersebut sebelum menyesal kemudian.

Tergiut [ Image Source ]

Tergiut [ Image Source ]

3. Tertimpa Bunga

Setiap tagihan yang tidak dibayarkan secara penuh akan dikenakan bunga kartu kredit yang cukup tinggi. Bunga tersebut akan ditagihkan pada tagihan bulan berikutnya. Jika tidak dibayarkan secara penuh kembali, maka bunga tersebut akan dibungakan kembali beserta sisa tagihan lainnya.

Tertimpa bunga [ Image Source ]

Tertimpa bunga [ Image Source ]

Apabila hal ini terjadi terus-menerus maka tagihan kartu kredit mu tak akan pernah lunas karena beban yang berbunga-bunga.

4. Menjadi Konsumtif

Kemudahan yang ditawarkan membuat para pengguna kartu kredit menjadi konsumtif karena merasa dimudahkan terutama untuk hal berbelanja. Hal inilah yang patut dan harus diwaspadai.

Menjadi konsumtif [ Image Source ]

Menjadi konsumtif [ Image Source ]

Dengan adanya keuntungan dan kerugian dalam kartu kredit, tentu harus cerdas dalam mengatur nilai transaksi saat menggunakan kartu kredit. Gunakanlah seperlunya dan harus bisa membedakan antar kebutuhan dan keinginan seblum memtuskan untuk berbelanja. Karena jika kamu tidak ingin terlilit hutang maka kamu harus meredam keinginan dan lebih mengutamakan kebutuhan.

Ok guys, itu tadi plus minusnya kartu kredit. Semoga kamu yang sudah memilikinya bisa menggunakan kartu kredit itu dengan bijaksana dan cerdas. Semoga bermanfaat..

No more articles