Walaupun teknologi sudah semakin canggih namun bukan jaminan kalau masyarakatnya juga tidak lagi percaya mitos. Kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang masih sangat percaya denga hal-hal tersebut bahkan kadang masih mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa mitos dalam kehidupan sehati-hari yang masih dipercaya dan bahkan dipraktekkan oleh masyarakat.

1. Jangan foto bertiga

Foto-foto merupakan sebuah trend terkini. Bahasa gaulnya adalah selfie, wefie dan lain sebagainya. Ada mitos yang beranggapan yang juga popular di Indonesia, bahwa tidak boleh foto bertiga. Foto bertiga ini dipercaya dapat menyebabkan orang yang berada di posisi tengah akan mengalami kesialan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jangan foto bertiga [ Image Source ]

Jangan foto bertiga [ Image Source ]

2. Jangan duduk di depan pintu – sulit jodoh

Terkadang jika ada seorang anak yang duduk di depan pintu, sang orang tua akan menegur anak tersebut dan bilang untuk tidak duduk di depan pintu, karena nanti sulit mendapatkan jodoh. Mitos ini berada di urutan puncak sebagai mitos yang paling di percaya dan dipraktekkan.

Jangan duduk di depan pintu [ Image Source ]

Jangan duduk di depan pintu [ Image Source ]

Mesti belum ada penelitian secara ilmiah yang dapat mengaitkan hubungan antara duduk di depan pintu dengan sulitnya mendapat jodoh, nyatanya masih banyak orang tua yang melarang anaknya untuk duduk di depan pintu.

3. Dilarang nyapu di malam hari

Kegiatan menyapu di malam hari menjadi hal yang dilarang karena dipercaya dapat membuang rezeki yang telah kita kumpulkan selama seharian penuh. Menariknya banyak orang mempercaya mitos ini walaupun hingga saat ini belum ada penjelasan secara gamblang mengenal korelasi antara kehilangan rezeki dengan nyapu di malam hari.

Menyapu di malam hari [ Image Source ]

Menyapu di malam hari [ Image Source ]

Namun, jika mau berbicara logis, kegiatan menyapu di malam hari memang seharusnya di lakukan pada saat pagi atau siang hari karena penerangan yang lebih maksimal dan hasilnya pun akan tetap maksimal.

4. Posisi rumah tusuk sate membawa sial

Posisi rumah tusuk sate adalah rumah yang berada di persimpangan dua jalan yang membentuk huruf T. menurut salah satu ahli ramal, rumah tusuk sate dapat berdampak buruk pagi penghuninya. Entah apa korelasi di antara keduanya. Biasanya harga rumah yang berada di posisi tusuk sate memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan harga rumah yang di posisi lainnya.

Rumah posisi tusuk sate [ Image Source ]

Rumah posisi tusuk sate [ Image Source ]

5. Mimpi gigi copot – akan ada yang terkena musibah

Mimpi bagi sebagian orang hanyalah bunga tidur dan tidak berarti apa– apa. Sedangkan bagi sebagian orang lainya, mimpi bisa dianggap sebagai pertanda. Misalnya saja mimpi gigi tanggal. Sebagian orang mempercayai bahwa jika bermimpi gigi tanggal maka akan ada orang yang kita kenal terkena musibah, bahkan meninggal dunia.

Gigi copot [ Image Source ]

Gigi copot [ Image Source ]

6. Dilarang siul pada malam hari

Sebagian masyarakat Indonesia masih percaya bahwa bersiul di malam hari dapat memanggil mahluk halus. Selain itu, banyak orang juga berpendapat jika bersiul di malam hari maka saat kita tertidur kita akan mendengar siulan balasan dari sang mahluk halus. Sampai sejauh ini masih banyak yang mempercayai mitos ini walau belum bisa dibuktikan

Bersiul [ Image Source ]

Bersiul [ Image Source ]

Itu tadi sekilas info mitos-mitos yang ada dalam keseharian kita. Mitos bisa mudah di terima oleh masyarakat adalah karena keterbatasan pengetahuan manusia, keterbatasan manusia dalam menalarkan sesuatu, keinginan manusia yang telah terpenuhi untu sementara serta keterbasan alat indera manusia.

Jadi, ada baiknya kita memang selalu berpanutan pada agama kita. Dan tidak mudah percaya akan mitos-mitos yang ada disekitar kita jika kita melihatnya dari sisi akal sehat. Semoga info yang di berikan ini bermanfaat ya..

No more articles