Terjebak masa lalu masih jadi persolan besar bagi sebagian orang. Entah karena kenangannya yang terlalu indah, wajahnya yang terlalu cakep untuk tidak dipikirin, atau bahkan foto-foto bersamanya terlalu banyak dan sayang untuk dibuang. Sadar atau tidak sadar, banyak hal buruk yang diakibatkan dari gagal move on itu. Efek-efeknya akan sangat jelas mengganggumu yang menjalani. Untuk itu, move on adalah harga mati yang harus kamu lakukan.

Life must go on. Jangan galau-galau terus dan meratapi nasib. Kamu punya kehidupan yang lebih daripada hanya terus menangisi masa lalumu. Jangan stuck hanya karena kamu tidak bisa bersamanya. Hidupmu di masa depan bisa jadi lebih baik lagi. Ada atau tidak ada dia, kamu akan tetap hidu. Berikut ada beberapa alasan terbesarmu untuk segera Move On.

1. Hidup terlalu singkat untuk membiarkan kamu larut dalam kesedihan dan masa lalu

Ada banyak pepetah yang mengatakan bila bersedihlah sewajarnya. Mulai sekarang kamu harus bisa menerima pendapat itu. Sebab hidup memang tidak selalu tentang bahagia. Hidup kita sekali dan tidaklah panjang. Berlarut-larut dalam kesedihan bukanlah cara yang tepat untuk mengisi perjalanan hidupmu.

Hidup terlalu singkat [ Image Source ]

Hidup terlalu singkat [ Image Source ]

Akan sangat banyak keindahan yang terlewatkan begitu saja jika kamu masih focus atau terpaku pada masa lalumu. Mulai sekarang, tinggalkan kesedihan dan banyak-banyaklah berbahagia. Jangan sia-siakan hidupmu.

2. Bebanmu di masa lalu akan memberatkan langkahmu ke masa depan

Belajarlah untuk ikhlas. Jika sudah ikhlas kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya. Bahkan kamu akan mendapat balasan dua kali lipat kebahagiaan. Jika kamu belum mengikhlaskannya, luka masa lalu itu tak akan pernah hilang. Luka itu akan menggerogoti hatimu hingga berdampak pada fisikmu.

Bebanmu dimasa lalu akan berat [ Image Source ]

Bebanmu dimasa lalu akan berat [ Image Source ]

Cobalah untuk mengikhlaskan semua yang sudah terjadi agar langamu menuju masa depan lebih mantap dan percaya saja Tuhan akan memberi yang terbaik untukmu. Jangan merusak masa depanmu dengan selalu mengingat masa lalumu. Hidup itu maju ke depan bukan mundur ke belakang.

3. Untuk apa mengingat orang yang sudah menyakitimu?

Coba sekarang kamu pikir untuk apa mengingat orang yang sudah menyakitimu. Dia sudah meninggalkanmu dan menyakitimu. Tidak ada hal manis yang harus di ingat-ingat. Hal yang harus kamu ingat dari dia adalah cukup mengambil hikmahnya dan kamu akan menjadi orang yang kuat.

Untuk apa mengingat [ Image Source ]

Untuk apa mengingat [ Image Source ]

Bergaulah dengan banyak temanmu, pergilah manjakan dirimu untuk pergi ke salon atau perawatan. Hidupmu akan jauh lebih bermanfaat daripada harus memikirkannya.

4. Belum tentu juga dia mengingatmu

Kamu selalu memikirkannya? Yakin kah di memikirkanmu juga? Bisa jadi malah dia telah bahagia bersama yang lain dan kamu masih memikirkan dang mengingatnya. Itu adalah kerugian dari dirimu.

Belum tentu dia juga memikirkanmu [ Image Source ]

Belum tentu dia juga memikirkanmu [ Image Source ]

Dengan mengingatnya, tidak akan bisa membalikkan keadaan. Kamu tetap sendiri dan dia tidak memikirkan dan mengingatmu.

5. Ada orang lain yang layak kamu bahagiakan

Ketika dia memilih pergi meninggalkanmu, berhenti membagi kisahnya denganmu, mencari kebahagiaannya dari orang lain, jangan khawatir. Masih ada keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat yang bisa menemanimu. Kamu pun bisa membahagiakan mereka setalh kemarin waktumu habis bersama orang yang meninggalkanmu sekarang.

Ada orang lain yang layak [ Image Source ]

Ada orang lain yang layak [ Image Source ]

Mereka bisa memuat hidupmu lebih berwarna. Jangan kunci hatimu untuk orang yang sudah pergi meninggalkanmu. Cobalah buka hatimu untuk orang lain yang berjuang untukmu.

6. Jodoh sudah ada yang atur, jangan pernah meragukan itu.

Seberapa lamapun kamu menjalin hubungan dengan seseorang, selama Tuhan tidak mengijinkan dan merestui hubungan kalian, maka kalian tidak akan pernah bersatu. Begitupun sebaliknya. Seperti lagunya Afgan ‘jodoh pasti bertemu’.

Tuhan telah menentukan jodohmu dari semenjak kamu di dalam perut ibumu. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menerima apapun yang terjadi dan ikuti jalan yang diberikan Tuhan.

7. Bikin kamu cepat tua

Luka hati yang menggerogoti hati akan berdampak pada fisikmu. Jika kamu patah hati akan jadi susah tidur di malam hari dan tentu akan mengganggu kebugaranmu di siang hari saat kamu beraktifitas. Mata seperti mata panda, tubuh seolah tak bergairah, susah focus dan tentunya kamu akan keliatan lebih tua dari umurmu. Kamu tentu tidak mau dilihat lebih tua daripada umurmu kan. Maka dari itu. Stop kesedihan-kesedihan yang membuatmu bikin cepat tua. Dan lakukan hal positif yang kamu bisa lakukan.

Bikin kamu cepat tua [ Image Source ]

Bikin kamu cepat tua [ Image Source ]

Mulai sekarang yang perlu kamu lakukan adalah move on. Menangisi atau meratapi kesedihanmu tidak akan membawa waktu kembali mundur. Cobalah menerima apapun yang terjadi. Jangan jadi pecundang yang hanya bisa menyalahkan keadaan. Buktikan padanya bila dia telah salah memilih untuk meninggalkanmu. Doakanlah yang terbaik untuknya maka kamu akan bisa mengikhlaskan semuanya.

So guys, itu tadi beberapa alasan untuk kamu segera move on. Buka hatimu untuk seseorang yang akan membahagiakan kamu lebih dari dia yang pernah singgah dihatimu. Jadikan masa lalumu sebagai pelajaran. Semoga bermanfaat.

No more articles