Sekali meremgkuh dayung, dua tiga pulau terlewati. Peribahasa ini agaknya yang membuat banyak orang terlalu bersemangat mencoba menyelesaikan beberapa tugas dalam satu waktu. Misalnya saja, sembari ngepel lantai, seorang ibu rumah tangga juga merendam cucian sambil berusaha menyuapai anak balitanya makan. Orang kantoran juga banyak yang multi tasking lho. misalnya saja, sembari menyelesaikan laporan keuangan, ia juga membuka tab untuk akun facebook serta sesekali mengecek email masuk.

Fokus Pada Satu Tugas Atau Multitasking, Mana Yang Lebih Baik.

Fokus Pada Satu Tugas Atau Multitasking, Mana Yang Lebih Baik. Image [source]

Belum lagi kalau ia harus menjawab pesan pesan masuk di whatsapp mesenggernya. Dengan mengerjakan banyak tugas sekaligus, orang berpikir bahwa tugasnya bakalan lebih cepat selesai. Betulkah demikian? Lalu sebenarnya lebih efektif fokus menyelesaikan satu tugas atau multitasking? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ulasannya.

1. Kenapa Sih Orang Gemar Multitasking Dalam Menyelesaikan Pekerjaan?

Kenapa Sih Orang Gemar Multitasking Dalam Menyelesaikan Pekerjaan?

Kenapa Sih Orang Gemar Multitasking Dalam Menyelesaikan Pekerjaan? Image [source]

Ketika ditanya oleh bos, bisa menyelesaikan tigas ini tidak? Pasti rata rata karyawan akan menjawab siap. Si karyawan itupun menjawab akan menyelesaikan pekerjaan tambahan tersebut sembari mengerjakan tugas utama. Bagi banyak orang, mereka bersedia mengerjakan banyak tugas sekaligus agar dibilang cekatan. Ada juga yang mengerjakannya biar dipandang pintar. kamu bernah bertingkah seperti ini tidak?

2. Otak Manusia Sebenarnya Tidak Di Rancang Untuk Multitasking.

Otak Manusia Sebenarnya Tidak Di Rancang Untuk Multitasking.

Otak Manusia Sebenarnya Tidak Di Rancang Untuk Multitasking. Image [source]

Menurut ahli yang bernama Jim Taylor P hD, sebenarnya otak manusia itu tidak bisa mengerjakan banyak tugas secara mukitasking. Yang kita lakukan sebenarnya hanya berpindah dari tugas yang satu ke tugas yang lain. kita tak bisa fokus ke dua hal sekaligus, bisanya yang pindah pindah fokus tadi sebelu tugas salah satu selesai.

3. Orang Bisa Multi Tasking Asal Tugas Tersebut Menggunakan Bagian Otak Yang Berbeda.

Orang Bisa Multi Tasking Asal Tugas Tersebut Menggunakan Bagian Otak Yang Berbeda.

Orang Bisa Multi Tasking Asal Tugas Tersebut Menggunakan Bagian Otak Yang Berbeda. Image [source]

Pada beberapa kasus multi tasking pada manusia itu memang menungkinkan untuk dilakukan. Syaratnya kedua tugas tersebut harus menggunakan bagian otak yang berbeda. Misalnya saja mendegarkan musik sambil meyetir atau telpon sambil menyetir. Untuk kegiatan kegiatan yang menggunakan bagian otak yang sama, sebagian besar kita akan gagal bahkan justru membahayakan. Sebut saja menyetir sambil menulis pesan teks.

4. Multi Tasking Ternyata Justru Mengurangi Produktivitas.

 Multi Tasking Ternyata Justru Mengurangi Produktivitas.

Multi Tasking Ternyata Justru Mengurangi Produktivitas. Image [source]

Ketika kita berpikir, kita menggunakan energi. Saat sudah memikirkan sesuatu dalam jangka waktu lama, kemudian fokus kita beralih untuk mengerjakan tugas lain, apa yang sudah kita pikirkan sebelumnya bisa terlupakan. Karena lupa, kita terpaksa mengulang dan berpikir lagi dari awal. Hal ini membuat tugas tugas butuh waktu lebih lama dan butuh energi lebih banyak. tak heran dengan melakukan multitasking ini kita mudah lelah.

5. Fokus Menyelesaikan Pekerjaan Satu Demi Satu Merupakan Pilihan Terbaik.

Fokus Menyelesaikan Pekerjaan Satu Demi Satu Merupakan Pilihan Terbaik.

Fokus Menyelesaikan Pekerjaan Satu Demi Satu Merupakan Pilihan Terbaik. Image [source]

Karena multitasking butuh lebih banyak waktu dan energi, maka fokus menyelesaikan pekerjaan satu demi satu adalah pilihan terbaik. Sebelum memulai aktivitas, daftarlah semua tugas yang perlu kamu selesaikan. Kalau ada gangguan yang membuat fokusmu teralihkan, atasi dulu gangguan tersebut dan kembali ke tugas pertama yang belum selesai. Baru setelah tugas pretama selesai kamu lanjut menyelesaikan tugas berikutnya secara urut.

Dengan adanya fakta fakta baru ini, masih mau mengerjakan tugas tugas dlam waktu bersamaan?

No more articles