Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Pada umunya, yang dilakukan orang-orang hanya olahraga yang terbilang sederhana seperti senam, renang dan jogging. Akan tetapi, ada beberapa olahraga yang dilakukan beberapa orang yang terbilang ekstrem atau bahkan sangat membahayakan. Olahraga yang ekstrem ini juga membutuhkan nyali yang besar kepada orang yang akan melakukannnya.

Ada beberapa olahraga ekstrem di dunia yang akan kita bahas disini. Orang-orang yang melakukan ini pun sudah mempunyai nyali yang besar untuk melakukan olahraga ini. Mari kita bahas.

1. Bull Running

Lari dari kejaran banteng merupakan olahraga dimana kamu akan berlari lebih cepat dari kejaran banteng tersebut. Setiap bulan juli di Pamplona, Spanyol kerumunan orang akan menempatkan diri mereka di depan kurang lebih selusin banteng. Ini dilakukan untuk merayakan perpindahan banteng-banteng di kampung mereka.

bull running

Bull Running [ Image Source ]

Olahraga ini bisa terbilang berbahaya. Walaupun belasan orang telah tewas dalam olahraga ini, tak menjadikan olahraga ini disegani oleh orang-orang di sana. Olahraga ini bisa dijadikan suatu alternative bagi kamu yang telah berumur 18 tahun dan mempunyai nyali yang besar serta berkeyakinan besar bisa berlari cepat menghindari banteng.

2. Volcano Boarding

Meluncur dari gunung berapi yang masih aktif ke bawah dengan kecepatan 81 km/jam dengan sebuah papan merupakan olahraga yang membutuhkan andrenalin tinggi. Pasti akan sangat-sangat menantang dan memberikan sensai yang luar biasa. Berada di Gunung Nikaragua Cerro Negro dengan ketinggian 2.380 kaki merupakan tempat yang sangat keren bagi pecinta olahraga ini.

volcano boarding

Aolcano Boarding [ Image Source ]

Walapun olahraga ini sangat ekstrem namun sudah lebih dari 10.000 pecandu adrenalin yang berselancar di gunung ini. Peselancar harus mendaki dahulu kurang lebih 45 menit dan kemudian meluncur dengan menggunakan papan yang kadang diiringi oleh ledakan-ledakan gunung berapi tersebut.

3. Slacklining

Olahraga ini merupakan salah satu olahraga terekstrem lainnya yang dimana harus dapat menyeimbangkan badan untuk berjalan di atas tali yang terbuat dari anyaman nilon. Yang mutlak harus dimiliki adalah keseimbangan badan agar tidak terjatuh dari ketinggian ribuan meter.

slacklining

Slacklining [ Image Source ]

Schou Kristen adalah seorang slacklining yang memegang Guiness world of Record dengan slacklining tertinggi di Kjerag Norwegia pada ketinggian 3.280 kaki (1000 meter) atau setara dengan 3 kali tinggi Menara Eiffel.

4. Downhill Mountain Biking

Berasal dari AS tahun 1970. Olahraga ini termasuk ekstrem karena sepeda akan menuruni bukit dengan kecepatan tinggi, sehingga disebut downhill (turun bukit). Pada tahun-tahun kemunculan, olahraga ini masih menggunakan sepeda sederhana dan tidak cocok untuk medan tempat berbatu dan terjal sehingga banyak sepeda yang hancur dalam olahraga ini.

downhill mountain bike

Downhiil Mountain Biking [ Image Source ]

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, sepeda gunung telah disempurnakan dengan adanya rem cakram, suspense gigi, percepatan dan body yang lebih ringan dan kuat sehingga lebih safety dan nyaman bagi pengendara yang menggantungkan siri pada sepedanya.

5. Street Luging

Merupakan olahraga yang sangat terkenal di luar negeri bahkan sudah ada kejuarannya. Sepintas olahraga ini seperti layaknya permainan papan seluncur biasa atau skateboarding. Tapi keunikan yang paling kentara dari olahraga ini adalah posisi berbaring di atas papan.

street luging

Street Luging [ Image Source ]

Merebahkan tubuhnya di atas papa seluncur khusus olahraga lalu meluncur di trek yang sangat berbahaya. Pemain menggerakan tubuhnya untuk mengerakan akselerasi sehingga dapat meliuk-liuk dengan teratur.

6. Base Jumping

Base Jumping merupakan olahraga yang dilakukan dengan melompat tinggi di tempat yang sangat tinggi dengan parasut. Sekilas tak ada bedanya dengan terjun payung biasa. Namun, ini benar-benar aksi gila karena perlu perhitungan yang matang saat terjun menghujam grafitasi seblum akhirnya membuka parasut.

base jumping

Base Jumping [ Image Source ]

Bila terlalu dekat ke tanah baru membuka parasut, hanya ada dua kemungkinan, payung mengembang atau sebaliknya gagal membuka dan boomm! Tubuh akan hancur berkeping-keping. Base jumping tidak begitu mengandalkan kecepatan dan arah mata angin dalam melakukan pendaratan, yang diperlukan hanya nyali yang besar untuk melompat dan membuka parasut.

Olahraga memang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Orang yang melakukan olahraga-olahraga ekstrem di atas hanyalah orang-orang yang mempunyai nyali dan keberanian yang besar. So, kamu bakalan pilih olahraga yang mana.

No more articles