Yang pernah ke yogyakarta pasti tau keberadaan pantai baron dan pantai indrayanti di gunungkidul. Ke dua pantai tersebut memang pantai paling terkenal dan paling banyak dikunjungi. Namun selain pantai baron dan pantai indrayanti, ternyata gunung kidul masih menyimpan deretan pantai –pantai lain yang tidak kalah indah. Pantai pantai yang belum terkenal tersebut kebanyakan ukurannya lebih kecil dari pantai baron dan pantai indrayanti. Meskipun lebih kecil ada beberapa diantaranya yang mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan kedua pantai yang sudah terkenal tersebut. Ada pantai yang di pakai sebagai tempat ritual adat, ada pantai yang sangat aman buat berenang, ada juga pantai yang cicik untuk di pakai panjat tebing. Pantai yang lainnya merupakan surga bagi para pemancing.

Pantai Pantai di Gunungkidul

Pantai Pantai di Gunungkidul. image [source]

Jika kamu bosen dengan suasana pantai yang sudah terkenal tersebut dan mencari pantai-pantai baru yang masih alami, maka jejeran tempat wisata pantai di gunungkidul berikut perlu di pertimbangkan. Kebanyakan lokasi pantai-pantai alami ini tidak terlalu jauh dari kolasi pantai di gunungkidul yang sudah terkenal. Mau camping, mau fishing atau mau mandi dipantai bisa kamu lakukan di pantai-pantai yang masih sepi berikut. Pantai mana saja, berikut ini daftarnya.

1. Pantai Siung.

Berlokasi di dusun Wates, desa Purwodadi kecamatan Tepus Gunungkidul, pantai Siung merupakan surga bagi pecinta panjat tebing. Meskipun tidak seterkenal pantai Baron, pantai Siung ini sebenarnya sudah sejak lama menjadi salah satu onjek wisata favorit. Sebagai bukti pada tahun 1989 saja, grup pecinta alam dari Jepang sudah berkunjung kesini untuk menjelajahi tebing tebing yang ada di sekitar pantai. Tidak hanya itu, pada tahun 2005 sekitar 200 orang pemanjat tebing dari 6 negara Asean berkumpul di pantai Gunungkidul ini. Mereka berkumpul dalam acara Asean Climbing Gathering 2005.

Pantai Siung

Pantai Siung. image [source]

Selain pemandangan batu karang dan tebing berukuran besar, pantai Siung Gunungkidul ini juga memberikan pesona yang indah. Hamparan pasir yang bersih serta air laut jernih kebiruan bisa kamu manfaatkan untuk bermain air dan pasir sepuasnya. Karena pantai ini di batasi oleh tebing menjulang di kedua sisinya, maka ombak pantai Siung sangat mendukung untuk bermain air. Pantai ini lumayan sepi jadi kamu bisa lebih leluasa menikmati suasanya. Untuk menambah keseruan, olahraga voli pantai pun bisa dilakukan bersama teman-temanmu. Kurang puas menikmati suasana pantai seharian? Di pantai Siung ini juga terdapat kawasan camping ground. Tinggal bawa tenda dan kamupun bisa kemah di pantai Siung hingga hari berikutnya. Seru bukan?

2. Pantai Slili

Terletak diantara pantai Krakal dan pantai Sadranan Gunungkidul. Pantai ini berukuran cukup mungil. Panjangnya hanya 100 meter. Keunggulan yang ditawarkan pantai ini sepi pengunjung. Disamping itu pantai ini juga dekat dengan pantai krakal dan Sadranan Gunungkidul.

 Pantai Slili

Pantai Slili. image [source]

Di pantai Slili ini kamu bisa menilmati bermain air sembari menangkap ikan-ikan kecil yang ada di antara karang. Lelah bermain air, kamu bisa bersantai di gazebo yang ada di pinggir pantai sambil meneguk kelapa muda. Pantai Slili ini juga dekat dengan spot snorkeling. Alat snorkeling lengkap dapat disewa di sekitar pantai ini. Untuk pemula, kamu tidak perlu khawatir karena ada pemandu yang siap membimbing kamu belajar snorkeling. Yang suka hunting foto, kamu bisa foto dengan background pemandangan lautan biru. Caranya cukup naik saja ke bukit batu karang terdekat. Fasilitas di lokasi pantai Slili ini cukup lengkap, ada warung makan, toilet umum, hingga tempat untuk bersantai.

3. Pantai Ngrenehan.

Terletak di daerah yang terkenal sering mengalami kekeringan, ternyata pantai ini cukup indah. Letak persis pantai Ngrenehan ini berada di desa Kanigoro kecamatan Saptosari kabupaten Gunungkidul. Di pantai Ngrenehan, kamu bebas berenang sepuasnya tanpa khawatir terseret ombak pantai selatan yang terkenal ganas. Penyebabnya, ombak dari laut lepas tidak langsung membentur bibir pantai Ngrenehan ini. Pantai Ngrenehan diapit oleh 2 bukit sehingga ombak sebesar apapun akan terpecah.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan. image [source]

Di pantai Ngrenehan ini kamu bisa menyewa perahu para nelayan yang sengaja di parkir berjajar di pinggir pantai. Jika datang di waktu yang tepat, kamu bisa menemui nelayan yang baru pulang dari melaut. Ikan segar dengan harga murah pun bisa kamu borong dari nelayan langsung. Disekitar pantai Ngrenehan memang ada kampung nelayan. Disini ikan-ikan hasil tangkapan nelayan juga langsung di lelang di TPI yang tersedia. Lapar setelah berkeliling, main air di pantai Ngrenehan, kamu bisa langsung memanjakan perutmu dengan aneka seafood yang dijual cukup murah di wilayah pantai ini.

4. Pantai Watuwalang

Terletak disebelah barat pantai Indrayanti. Pasir putih serta batu karang yang ada di pantai Watuwalang tidak kalah dengan pantai lain di Gunungkidul. Pantai Watuwalang berada di kecamatan Tepus Gunung kidul. Di sebelah barat pantai ini terdapat 2 batu besar yang Bentuknya mirip walang. Walang dalam bahasa indonesia berarti belalang. Ada sebuah gua di sebelah barat pantai Watuwalang. Gua tersebut dipakai oleh masyarakat sekitar untuk ritual Nyadran.

Pantai Watuwalang

Pantai Watuwalang. image [source]

Nyadran ini merupakan proses kenduri yang dilakukan umat islam satu bulan menjelang puasa, atau dibulan Sya’ban. Pintu gua yang ada di pantai Watuwalang Gunungkidul tersebut hanya dibuka waktu bulan Sya’ban ini saja. Disebelah timur pantai watuwalang ini, daerahnya luas sehingga biasa digunakan untuk olahraga air. Untuk menuju pantai Watuwalang juga tidak terlalu sulit, ada angkutan umum yang melewati jalur ke pantai Watuwalang ini. Jika ingin memakai kendaraan pribadi, ikuti saja jalur ke pantai Indrayanti.

5. Pantai Watukodok.

Lokasi pantai Watukodok berada di dusun Kelor, desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunungkidul. Pantai ini berada di sebelah timur pantai Sepanjang. Panti Watukodok masih alami. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Jalan menuju pantai Watukodok sudah dilapisi cor blok, sehingga tidak becek.

Pantai Watukodok

Pantai Watukodok. image [source]

Berukuran mungil, pantai ini cukup untuk kamu gunakan bermain ombak dan pasir putih pantai hingga puas. Warung makan, gazebo serta fasilitas umum lainnya juga sudah tersedia di pantai Watukodok ini. Jika ingin mendirikan tenda dan bermalam di pantai Watukodok, kamu bisa melakukannya asal menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

6. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai unik di Gunungkidul. Disini ada masjid yang berdiri berdampingan dengan pura di pinggir pantai. Konon di tempat inilah dulu Raden Brawijaya V membakar diri ketika menolak diislamkan oleh Raden Patah dari Demak. Diwaktu-waktu tertentu pura yang ada di pinggir pantai Ngobaran ini dipakai untuk melangsungkan ritual upacara adat penganut kepercayaan kejawen. Pantai Ngobaran ini terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran. image [source]

Di pantai Ngobaran ini kamu dapat menikmati deburan ombak pantai yang sedang. Ada banyak batu karang serta pasir putih untuk background foto selfie. Jika merasa lapar di pantai ini kamu bisa menikmati salah satu kuliner ekstreem landak goreng. Jarang jarang lo ada kuliner landak goreng di tempat lain. Di pantai Ngobaran ini juga banyak petani rumput laut. Rumput-rumput laut tersebut di kumpulkan oleh petani dari batu karang serta koral ketika air pantai surut. Jika tertarik untuk membeli rumput laut dan dibawa pulang, harganya cukup murah di pantai ini. Makanan hasil olahan rumput laut pun dijual di pantai Ngobaran dengan harga yang terjangkau.

7. Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai-pantai umumnya di Gunungkidul, di pantai Kesirat ini kamu tidak bakal bisa main air atau bermain pasir putih. Mandi di laut juga bukan aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Penyebabnya karena pantai ini, antara laut dan daratan dibatasi oleh tebing-tebing tinggi. Tapi kamu tidak perlu kecewa jika berkunjung ke pantai Kesirat. Ada aktifitas lain yang tidak kalah seru sebagai pengganti main air dan pasir pantai tersebut. Kamu bisa melakukan rock fishing. Rock fishing merupakan aktivitas memancing dari atas tebing tinggi. Jika kamu berkunjung ke patai Kesirat ini, kamu pasti akan bertemu dengan para pemancing dari berbagai daerah. Memancing di tebing tinggi pasir Kesirat, kamu bisa mendapatkan lobster serta ikan laut lainya.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat. image [source]

Selain sebagai surga spot rock fishing, di pantai Kesirat kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Tebing yang ada di pantai Kesirat ini dari arah matahari terbenam, tidak terhalang oleh apapun, sehingga matahari terbenam dapat dinikmati lebih puas dari ketinggian. Malamnya, Kamu bisa camping di area pantai Kesirat. Pemandangan gugusan bintang galaksi bimasakti tidak kalah indahnya dari pemandangan pantai diwaktu siang.
Itulah deretan pantai-pantai di gunungkidul yang tidak seterkenal pantai Baron dan pantai Indrayanti. Penasaran dengan suasana indahnya? Cepat saja jadwalkan untuk berkunjung kesana, sebelum orang orang banyak yang tahu sehinga jadi pantai dengan berjubel pengunjung seperti pantai pantai lainnya. Selamat menikmati liburan.

No more articles