Bra, kutang atau BH adalah salah satu dari jenis pakaian dalam yang keberadaannya mungkin tidak bisa dijauhkan dari para kaum wanita modern. Oleh karenanya, kini ada banyak sekali pabrik pembuat bra yang saling bersaing dengan melakukan berbagai macam inovasi agar produknya laku keras dipasaran. Namun meski sekarang ada banyak sekali macam bra yang bervariasi, dalam memilih bra tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Mengukur Ukuran Bra

Mengukur Ukuran Bra [ image source ]

Apapun model dan jenisnya, yang jelas hal penting yang harus diperhatikan saat memilih bra adalah sesuaikan dengan ukuran payudaramu. Memakai bra yang ukurannya salah tentu akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman bahkan hingga dapat membawa dampak buruk bagi pemakainya. Penasaran dengan apa saja dampak buruk dari memakai bra yang tidak sesuai ukuran, berikut adalah ulasannya.

1. Mengakibatkan Sakit Punggung

Menyebabkan SAkit Punggung

Menyebabkan Sakit Punggung [ image source ]

Memakai ukuran bra yang terlalu kecil dari kapasitas standar yang seharusnya dipakai ternyata dapat membuat pemakainya menderita penyakit punggung. Hal itu bisa terjadi lantaran bra yang terlalu ketat akan memberikan tekanan pada tulang punggung bagian belakanng yang menyebabkan sakit punggung terjadi. Sedangkan memakai bra dengan ukuran yang lebih longgar tidak dapat menopang payudara dengan baik sehingga otot punggung harus lebih keras dalam menahan beban payudara.

2. Memicu Sakit Bahu Dan Leher

Memicu Sakit Bahu Dan Leher

Memicu Sakit Bahu Dan Leher [ image source ]

Selain memberikan tekanan pada tulang punggung, memakai bra dengan ukuran yang lebih ketat juga akan membuat area bagian bahu dan leher ikut tertekan. Terlalu lama tertekan dapat mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak normal sehingga dapat menimbulkan rasa sakit berlebih bagi pemakainya. Nah buat yang nggak ingin mengalami seperti ini, maka pilihkan ukuran panjang tali yang juga sesuai dengan ukuran yang sesuai dengan tidak kurang atau lebih.

3. Memicu Sakit Kepala

Menyebabkan Sakit Kepala

Menyebabkan Sakit Kepala [ image source ]

Memang ada banyak sekali penyebab seseorang bisa menderita sakit kepala. Namun bagi kaum wanita, salah dalam menentukan ukuran bra yang terlalu kecil ternyata juga bisa memicu timbulnya sakit kepala. Hal itu terjadi karena otot bagian dan punggung harus bekerja ekstra untuk menopang beban payudara. Kebanyakan yang akan diderita adalah sakit kepala bagian belakang atau yang sering disebut dengan cevircogenic.

4. Menimbulkan Rasa Nyeri Dibagian Dada

Menimbulkan Rasa Nyeri Dibagian Dada

Menimbulkan Rasa Nyeri Dibagian Dada [ image source ]

Efek yang juga akan dirasakan selain pusing dari pemakaian bra yang terlalu ketat adalah dapat menimbulkan rasa nyeri di area dada. Hal ini terjadi karena tali pengikat bagian belakan bra menekan otot trapezius yang merupakan otot penghubung antara bahu dan leher. Kelebihan tekanan pada area tersebut dapat rasa nyeri berlebih pada area bahu. Jika memang terlalu lama dipaksakan, maka rasa nyeri di area bahu akan menjalar kebagian dada dan leher.

5. Menyebabkan Payudara Kendur

Menyebabkan Payudara Kendur

Menyebabkan Payudara Kendur [ image source ]

Jika kamu gemar melakukan rutinitas berolahraga, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan jenis bra serta ukurannya yang haru kamu pakai. Pasalnya salah memilih jenis bra justru dapat meningkatkan resiko terkena gangguan pada ligamen payudara. Masalah tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri berlebih serta dapat menjadikan payudara menjadi kendur. Pasalnya aktifitas dari gerakan berolahraga akan membuat payudara menjadi membal naik turun sesuai pergerakan tubuh. Pergerakan membal yang terlalu lama dapat melemahkan jaringan disekitar payudara.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan mengenai efek dari dampak buruk memakai bra yang tidak sesuai ukuran. Jika memang ingin terhindar dari masalah tersebut, hal yang paling utama saat memilih dan membeli bra adalah dengan memastikan ukurannya sesuai dengan ukuran yang seharusnya kamu pakai.

No more articles