Anda mungkin pernah mendengar berita kehilangan uang secara misterius. Tidak ada tanda-tanda pencurian, lubang kunci pintu dan jendela juga tidak ada yang rusak. Tapi entah kenapa uang yang tersimpan secara aman bahkan dalam brankas sekalipun bisa raib beikut saja. Jika hal itu sudah terjadi terutama di kalangan masyarakat Jawa, kebanyakan orang akan menduga dalang di balik kejadian tak lazim itu adalah babi ngepet.

Babi tersebut bukan sembarang babi, karena binatang itu adalah jadi-jadian atau jelmaan manusia yang melakukan ritual guna mendapatkan kekayaan dengan cara yang tidak halal. Hingga saat ini ada beberapa orang yang mengaku berhasil menangkap babi ngepet hingga masyarakat pun gempar. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi dugaan bahwa babi yang ditangkap itu adalah babi ngepet. Berikut ini adalah beberapa kasus penangkapan babi misterius yang diduga adalah babi ngepet.

1. Hanya Mau Makan Enak, Babi Ini Hebohkan Warga Sekayu

Warga Sekayu, Sumatera Barat heboh dengan temuan babi yang rupa dan bentuknya tak lazim. Binatang yang berkaki empat itu ditemukan oleh Mita yang menurut warga setempat adalah seorang paranormal. Kabarnya babi yang hanya mau makan nasi, pisang dan roti ini adalah jelmaan dari seorang wanita yang sengaja mempelajari ilmu hitam.

Kasus babi ngepet [ via tribunews.com ]

Kasus babi ngepet [ via tribunews.com ]

Babi tersebut datang kepada Mita untuk minta disembuhkan seperti sediakala. Hal ini disampaikan oleh tetangga Mita yaitu Anton. “Babi ini ketika saya lihat langsung bentuknya sedikit berbeda dari biasanya, seperti bentuk mancung mulutnya yang jauh lebih panjang dan tak berbulu, bahkan katanya hewan ini hanya mau makan roti, pisang serta nasi,” ujar Anton

“Kabarnya ada seseorang yang belajar ilmu hitam dan berubah menjadi babi, dan minta dikembalikan menjadi bentuk manusia lagi hanya itu saja kabar yang ada,” tambahnya.

2. Rupa Tak Lazim, Warga Kalimantan Sebut Binatang Ini Babi Ngepet

Heboh tentang tertangkapnya babi ngepet juga bikin heboh masyarakat Kalimantan, khususnya masyarakat Kelua, Kabupaten Tabalong dan sekitarnya. Babi tersebut menjadi perhatian warga karena rupa dan bentuknya yang tak biasa. Warna binatang tersebut putih dan bagian wajahnya lebih mirip anjing daripada babi.

Kasus babi ngepet [via tribunnews.com]

Kasus babi ngepet [ via tribunnews.com ]

Sejak heboh temuan binatang yang katanya babi ngepet tersebut banyak warga setempat yang menjadikannya foto profil di media sosial mereka. Salah satunya adalah BBM. Warga jadi makin heboh dan yakin bahwa babi yang ditangkap April 2015 silam itu adalah babi ngepet setelah binatang tersebut hilang begitu saja padahal sudah dikurung di kandang.

3. Babi Hutan Tertangkap di Pati, Warga Sebut Binatang Jadi-jadian

Bentuknya memang tidak aneh ukurannya pun normal. Namun kenapa babi yang ditemukan dan ditangkap oleh warga Pati sekitar tahun 2015 kemarin itu juga disebut-sebut sebagai binatang jadi-jadian atau babi ngepet. Menurut warga setempat adanya babi tersebut di kawasan Dukuh Kincir Tengah, Desa Langenharjo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah adalah sebuah hal yang tak lazim.

Kasus babi ngepet [via murianews.com]

Kasus babi ngepet [ via murianews.com ]

Ini karena secera geografis, desa teresebut tidak dekat dengan hutan. Namun warga setempat menemukan ada babi hutan yang berkeliaran di sawah. Jumlahnya ada dua ekor, yang satu tertangkap sedangkan satu yang lain berhasil lolos. Namun pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertannak) Pati diwakili oleh Nikentri Meiningrum harus ada penyelidikan terlebih dahulu sebelum menyebut binatang tersebut babi ngepet atau bukan.

“Dicek secara fisik dulu, apakah ada kejanggalan atau tidak. Telusuri, jangan-jangan itu babi peliharaan yang lepas dari kandang. Aneh kalau ada babi hutan di tengah-tengah pemukiman yang tidak ada hutannya,” kata Nikentri.

4. Kabar Babi Ngepet Juga Heboh di Solo

Kasus penangkapan babi yang baru-baru ini hebohkan warga karena disebut sebagai babi jadi-jadian atau babi ngepet terjadi di Solo di kompleks perumahan Rinjani Timur RT 005/ RW 019, Kelurahan Mojosongo, Jebres. Babi berukuran kecil dan menyebarkan bau menyengat itu segera saja bikin heboh karena ditemukan berkeliaran di kawasan elit tempat orang-orang kaya.

Kasus babi ngepet [via tribunews.com]

Kasus babi ngepet [ via tribunews.com ]

Warga yang menemukan Hariyanto alias Hari Suling, pria umur 40 tahun beberapa hari yang lalu. Namun kehebohan tersebut segera berakhir setelah pemilik babi bernama Sigit. Sigit menjelaskan jika babi yang tertangkap itu adalah miliknya dan setelah dicocokan dengan ciri-ciri babi yang diungkapkan oleh sigit ternyata memang sama.

Hal tersebut dijelaskan sendiri oleh Lurah Mojosongo, Agus Triyono. “Pak Sigit sebagai peternak babi menyebutkan bahwa babinya diberi tanda tindik pada bagian telinganya. Setelah dicek ternyata benar,” ujar Agus.

Itulah beberapa kasus penangkapan babi yang kemudian disebut sebagai babi ngepet oleh warga. Pernah menemui kasus serupa? Silahkan tuliskan komentar Anda di bawah ini ya.

No more articles