Pernah tidak kamu membayangkan suatu sore berkencan dengan orang yang menarik, makan minum dan kemudian tidak sadarkan diri. ketika bangun, kamu berada di bak kamar mandi suatu kamar hotel, terbungkus es dan ada bekas luka sayatan di samping perutmu. Ketika kamu menghubungi tenaga medis dan menjalani pemeriksaan ternyata salah satu ginjalmu telah hilang. Horor bukan? seperti itulah gambaran pencurian organ tubuh manusia. Meskipun sulit dipercaya namun pencurian organ, jual-beli organ manusia benar benar terjadi.

Pencurian Organ Manusia

Pencurian Organ Manusia. image [source]

Salah satu penyebab kenapa pencurian organ serta jual beli organ manusia marak adalah karena permintaan organ manusia ini sangat tinggi. Saat ini sekitar 123.000 orang sedang sakit dan menunggu orang yang bersedia mendonorkan organnya. Tentu saja jumlah orang yang bersedia mendonorkan organnya lebih sedikit daripada orang yang membutuhkan donor organ. Akibatnya orang yang sakit namun punya banyak uang, rela membayar berapapun demi mendaparkan organ manusia yang ia butuhkan. Permintaan yang tinggi terhadap organ manusia ini dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab dengan cara menjadi suplier dari organ-organ yang dibutuhkan olah orang-orang kaya sakit tersebut. Untuk memperoleh organ mereka menggunakan cara-cara yang melanggar aturan, termasuk mencuri organ milik orang lain. berikut ini beberapa fakta terkait dengan pencurian dan jual-beli organ manusia.

1. Pasar Jual Beli Organ Terbesar Adalah Cina.

Cina merupakan negara yang dianggap paling mudah bagi orang yang ingin mendapatkan transpantasi organ. Sepertinya donor organ manusia di Cina berlimpah sehingga menjadi tujuan utama orang yang ingin transplantasi organ. Penyebabnya apa ya Cina bisa dengan cepat memberoleh donor organ sementara di negara lain donor organ sangat langka? Apa karena Cina memiliki penduduk yang banyak? ternyata tidak.

Pasar Jual Beli Organ Terbesar Adalah Cina

Pasar Jual Beli Organ Terbesar Adalah Cina. image [source]

Cina bisa dengan mudah mendapatkan donor organ manusia karena praktek pencurian organ serta jual beli organ manusia berjalan tanpa larangan dari pemerintah. Bahkan sebagian besar praktek pengambilan organ ini dilakukan di rumah sakit pemerintah.

2. Belasan Ribu Organ Manusia Dijual Tiap Tahunnya.

Pada tahun kemarin, jumlah organ manusia yang diperjualbelikan mencapai 11.000. itu artinya, sebanyak 11000 orang telah diambil organnya. Entah karena terpaksa, dibawah tekanan atau memang sukarela. Jumlah yang lumayan banyak bukan? padahal jumlah hari dalam satu tahun saja hanya 360 hari. Jadi kelihatan kan bahwa aktivitas jual-beli organ sangat masiv terjadi. Bisa dikatakan tiap jam, tiap hari, tiap minggu ada kasus penjualan organ manusia.

 Belasan Ribu Organ Manusia Dijual Tiap Tahunnya

Belasan Ribu Organ Manusia Dijual Tiap Tahunnya. image [source]

Jika melihat fenomena perdangan organ manusia diatas maka kita jadi tahu, ternyata sekedar sehat pun merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Mau bukti? Coba perhatikan berapa masing-masing organ tubuhmu itu di hargai di pasar gelap jual-beli organ. Paru-paru bernilai antara $150-000 hingga $170.000 usd. Sedangkan kornea mata yang ukurannya kecil saja, berharga $30.000 usd. Jantung juga termasuk organ yang laku mahal kalau dijual. Di pasar gelap, jantung dihargai $160.000 usd. Hati manusia dihargai sebesar 150.000 Usd. Organ lain yang laku di jual adalah pankreas dan ginjal. Masing masing harganya $130.00 usd dan $60.000 usd. Untung sedari lahir kita tidak perlu membeli organ-organ tersebut ya. Jika setiap orang hidup harus beli organ, duit dari mana coba?

3. Aksi Pencurian Organ Di Cina Direstui Pemerintah.

Di RRC penguasanya berasal dari partai komunis. Semua yang bertentangan dengan penguasa akan diberangus dan ditangkap. Orang orang yang mencoba melawan penguasa akan diperlakukan sebagai tahanan politik. Yang menyedihkan perlakuan pemerintah RRC terhadap para tahanan politiknya tersebut tidak manusiawi. Mereka disiksa dan dipukuli. Yang paling keji, pemerintah Cina melakukan panen organ dari para tahanan politiknya tersebut. Jadi meskipun dipukuli dan disiksa habis-habisan, para tahanan politik tersebut diusahakan supaya tetap hidup sehingga darah, ginjal serta organ-organ lainnya dapat diambil sewaktu waktu. Organ milik para tahanan politik ini juga diambil sewaktu mereka masih hidup tanpa prosedur medis yang memadai. Akibatnya banyak para tahanan politik yang meninggal akibat dipanen organ tubuhnya.

Aksi Pencurian Organ Di Cina Direstui Pemerintah.

Aksi Pencurian Organ Di Cina Direstui Pemerintah.. image [source]

Salah satu kelompok yang jadi musuh pemerintah RRC adalah para penganut Falun Gong. Hampir mirip seperti Yoga, Falun Gong ini merupakan teknik melatih tubuh dan jiwa supaya memperoleh kedamaian dan kerharmonisan hidup. Diperkenalkan sejak tahun 1992 dan makin kesini kepopulerannya makin meningkat. Takut kalah pamor, pemimpin komunis pemerintah RRC menangkapi para pengikut aliRan Falun Gong ini, menjadikan mereka tahanan politik dan mengambil organ tubuh secara paksa.

4. Korban pencurian organ mulai dari mayat, hingga orang yang diculik secara acak.

Karena kebutuhan organ semakin meningkat, pencurian organ inipun modusnya juga semakin nekat. Jika ada korban meninggal akibat kecelakaan, tenggelam terjatuh dan kematian bukan karena penyakit lainnya, maka mayat nya akan menjadi sasaran empuk pelaku pencurian organ. Ada kasus dimana seorang remaja meninggal karena tenggelam. Ketika mayatnya dikembalikan kepada keluarga ada banyak luka sayatan. Setelah diautopsi ternyata semua organ dalammya sudah diambil dan diganti dengan kertas koran.

Korban pencurian organ mulai dari mayat, hingga orang yang diculik secara acak

Korban pencurian organ mulai dari mayat, hingga orang yang diculik secara acak. image [source]

Selain mencuri organ dari orang yang telah mati, orang yang masih hidup pun terancam menjadi sasaran pencurian organ ini. Para pelaku pencurian organ tersebut menculik secara acak orang-orang tertentu kemudian mengambil organ mereka secara paksa. Penculikan disertai pencurian organ ini banyak terjadi di negara negara miskin seperti Moldova, Cina, Filipina, Pakistanm India dan beberapa negara Amerika Latin.
Dengan Maraknya Aksi pencurian Organ tersebut, maka ketika bepergian ke luarnegri kita harus makin hati-hati. bukan hanya barang-barang kita saja yang rawan dicuri orang. kehilangan barang sih bisa nyari lagi, tapi kalau yang dicuri organ kita, tentu sangat gawat bukan? maka itu kita perlu hati-hati dan lebih pandai menjaga diri ya.

No more articles