Setiap orang pasti ingin dilahirkan dalam keadaan sehat. Namun tidak semua orang seberuntung kamu. Ada beberapa orang menderita penyakit yang langka namun menggerikan. Penyakit tersebut bisa muncul akibat kelainan genetik atau bisa juga karena infeksi virus yang jarang di temui. Ada juga penyakit langka yang disebabkan oleh gangguan fisik.

Gadis Dengan Penyakit Langka

Gadis Dengan Penyakit Langka. image [source]

Metode penyembuhan untuk berbagai penyakit langka ini juga belum sepenuhnya ditemukan. Yang bisa di lakukan dokter biasanya hanya sekedar mengurangi gejala yang timbul. Sebagian penyakit langka lainnya sudah diketahui penyebabnya sehingga bisa disembuhkan. Namun tetap saja sebisa mungkin harus kita hindari terkena penyakit tersebut. berikut ini daftar beberapa penyakit langka namun mengerikan tersebut.

1. Progesia

Penyakit ini disebabkan karena kesalahan pada kode genetik kromosom seseorang. Efek dari kesalahan kode genetik ini tubuh penderita Progeria akan mengalami penuaan dengan cepat. Rata rata anak yang terlahir dengan kelainangenetik ini akan meninggal di usia 13 tahun. Laju penuaan penderita Progesia ini sangat cepat. Gejala awal Progesia pada anak anak antara lain: tahun pertama terjadi kegagalan pertubuhan. Proporsi tubuh tidak seimbang serta kulit berkeriput. Anak yang menderita penyakit ini biasanya pertumbuhan gigi terhambat atau tidak tumbuh sama sekali. Di Indonesia kasus Progesia batu ditemui sekali. Anak yang mengidap kelainan genetik ini bernama Wiradianty atau lebih akrab di panggil Ranty.

Progesia

Progesia. image [source]

Penderita Progesia biasanya mengalami arerosklerosis progresif. Pembuluh darahnya mengalami pengapuran sehingga menyempit dan tersumbat. Progesia sendiri bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu: Progesia anak-anak dan Progesia masa dewasa. Progesia masa anak-anak disebut juga sindrom Hutchinson-Gifford. Sedangkan Progesia masa dewasa disebut syndrom Werner. Komplikasi penyakit Progesia ini cukup mengerikan. Penderita mengalami kerontokan pada rambut, telinga tidak dapat berfungsi dengan baik, mata mengalami katarak. Terapi untuk orang yang menalami Progesia belum di temukan. Semoga saja para ahli cepat menemukan penyembuhan dari kelainan genetik ini.

2. Sindrom Manusia Srigala.

Sindrom ini disebut juga Hypertrichosis.orang yang mengalami kelainan ini disekujur tubuhnya akan ditumbuhi rambut. Rambut juga tumbuh di bagian muka si penderita. Karena banyak rambut diseluruh tubuh tersebut penampilan penderita jadi mirip warewolf, tokoh fiksi dari Eropa. Sama seperti Progesia, penyakit Hypertrichosis ini juga dibedakan menjadi dua, Hypertrichosis lokal dan global. Pada Hypertrichosis lokal, rambut berlebih hanya tumbuh di area tertentu. Salah satu kasus Hypertrichosis ini menimpa kakak beradik Abys DeJesus. Ia adalah gadis kecil asal Puerto Rico. Rambut coklat gelap menutup tubuh dan wajahnya. Dokter memutuskan untuk mengiperasi anak berusia 2 tahun tersebut. Tujuannya agar ia terbebas dari penyakit kanker ganas yang mungkin menyerang akibat kelainan genetik dan kelebihan rambut tersebut

Sindrom Manusia Srigala.

Sindrom Manusia Srigala..image [source]

Pada kasus Hypertrichosis yang dialami sejak lahir, penyebabnya aalah adanya kelainan pada genetik. Selain karena kelainan genetik, penyakit Hypertrichosis ini juga bisa muncul sebagai efek konsumsi obat tertentu ataupun karena penyakit tertentu. Penyakit kanker seringkali menjadi penyebab dari penyakit rambut berlebihan di sekujur tubuh ini. Khusus untuk Hypertrichosis yang muncul karena obat, gejalanya dapat dikurangi dengan perlakuan tertentu. Namun untuk Hypertrichosis yang di dapat sejak lahir belum ada metode penyembuhan.

3. Syndrom Kulit Biru.

Sebuah keluarga tinggal di lembah bukit Troublesome di Kentucky pada tahun 1960 an. Semua anggota keluarga tersebut berkulit biru semua. Meskipun berkulit biru rata rata mereka mampu hidup hingga berumur 80 tahun. Selain berkulit biru penderita sindrom ini tidak mengalami gangguan kesehatan yang berarti. Kira kira apa ya penyebab dari kulit biru mereka? Pada jaman dahulu penyebab dari kulit mereka yang biru tidaklah di ketahui namun di jaman modern ada penyakit yang hampir sama gejalanya dengan apa yang diderita oleh satu keluarga di Kentucky tersebut. Namanya adalah Argyria atau Argyrosis.

Syndrom Kulit Biru

Syndrom Kulit Biru. image [source]

Khusus untuk penyakit Agyrosis ini penyebabnya adalah karena tubuh terpapar terlalu banyak senyawa yang mengandung perak. Efek paling dramatis, kulit orang yang terpapar debu perak ini akan berubah menjadi biru. Perak termasuk logam berat yang tidak bisa di cerna oleh tubuh. Terpapar perak dalam jumlah banyak akan menyebabkan terakumulasinya senyawa perak tersebut diberbagai bagian tubh tertentu. Senyawa perak ini merupakan senyawa yang sama seperti yang digunakan di dunia fotograsi. Perak mudah terurai oleh cahaya membentuk silver sulfida. Debu perak yang tertombun di kulit, ketika terkena cahaya juga akan berubah menjadi silver sulfida. Silver sulfida inilah yang menyebabkan kulit berwarna biru.

4. Sindrom Pica

Pica ini merupakan kelainan perilaku yang mendorong si penderita untuk mengkomsumsi benda-benda bukan makanan. pada kasus-kasus yang pernah di temui, penderita sindrom Pica tersebut mempunyai dorongan untuk memakan rambut, kertas, cat, logam, batuan, tanah, kaca atau bahkan kotoran manusia. Akibat memakan benda benda yang bukan makanan ini akibatnya bisa bermacam-macam. Pada anak-anak mereka bisa keracunan zat zat tertentu. Gangguan lainnya, akibat mengkonsumsi benda-benda yang susah dicerna ini, usus serta organ pencernaan anak bisa terganggu. Sindrom Pica ini diduga disebabkan karena gangguan mental serta masalah psikologis tertentu. Beberapa ganguan mental serta emosi yang memicu gangguan perilaku pica ini antara lain: trauma, depresi, masalah keluarga, kehamilan hingga ditelantarkan oleh orang tua.

Barang Barang Dari Dalam Perut Penderita Sindrom Pica

Barang Barang Dari Dalam Perut Penderita Sindrom Pica. image [source]

Rata-rata gangguan perilaku pica ini paling banyak di temui pada ibu hamil dan anak anak yang mengalami gangguanpertumbuhan misalnya saja anak autis. Kasus gangguan perilaku poca ini pernah dilaporkan oleh seorang peneliti di India. Di daerah tersebut ada seorang wanita berusia 27 tahun. Wanita tersebut merasakan mual dan mulas di perutnya selama 3 bulan terakhir. Orang tua perempuan tersebut memberi tahu dokter bahwa putrinya punya kebiasaan memakan kuku dan tambut. Setelah dilakukan pembedahan ditemukan rambut dalam jumlah banyak di dalam ususnya.

5. Porphyria Atau Penyakit Vampir.

Tubuh kita memerlukan senyawa yang disebut Porphyrin untuk memproduksi hemoglobin. Hemiglobin ini merupakan komponen dari darah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen. Porphirin ini pada kondisi normal akan langsung di urai oleh enzim dalam tubuh menjadi senyawa lain setelai tugasnya membentuk hemiglobin selesai. Namun pada kasus-kasus tertentu orang bisa mengalami kekurangan enzim yang bisa mengurai Porphyrin ini. Akibarnya Porphyrin dalam tubuh menumpuk. Kekurangan enzim Porphyrin ini juga bisa diakibatkan karena mengkonsumsi obat-obat tertentu.

Porphyria Atau Penyakit Vampir

Porphyria Atau Penyakit Vampir. image [source]

Porphyrin merupakan senyawa yang sensitis terhadap cahaya. Jika senyawa porphirin ini menumpuk di dalam tubuh akibat tidak terurai maka tubuh pun akan sensitif juga terhadap cahaya. Kelebihan senyawa Porphyrin ini biasanya di timbun di kulit. Karena sensitif terhadap matahari, maka ketika kulit terkena sinar matahari, Porphyrin tersebut akan terurai menjadi senyawa lain yang merusak bagi kulit. Akibatnya kulit penderita porphyria ini akan melepuh ketika terkena sinar matahari. Mirip vampir dalam film film barat bukan? bedanya penderita Porphyria ini tidak punya taring dan tidak menghisap darah manusia.

6. Sindrom Allice In Wonderland Atau Mikropsia

Mikropsia ini merupakan kelainan saraf yang menyebabkan penderitanya merasa benda-benda disekitarnya berukuran kecil dan jauh. Penyakit ini merupakan kebalikan dari makrokapsia dimana penderitanya melihat benda-benda sekitar sangat besar dan sekat sekali. Penyebab dari gangguan Mikropsia ini antara lain karena gangguan lensa mata, migrain, epilepsi atau akibat penggunaan obat-obat psikosis. Biasanya penyakit ini Cuma penyakit temporer saja, tidak permanen. Banyak dialami oleh anak-anak berusia 5 hingga 10 tahun.

Sindrom Allice In Wonderland Atau Mikropsia

Sindrom Allice In Wonderland Atau Mikropsia. image [source]

Beberapa peneliti mengkaitkan gangguan Mikropsia ini dengan kurangnya waktu tidur. Gejala dari penyakit ini adalah sensasi penglihatan, pendengaran dan sentuhan penderita mengalami gangguan. Meraka kadang melihat bagian tubuh mereka sendiri mengecil. Mereka mengalami halusinasi pada penglihatan. Benda-benda disekitar menjadi kecil dan disertai migrain di kepala. Kesadaran terhadap waktu si penderita juga mengalami gangguan. Mereka akan merasa waktu berlalu sangat lambat. Kadang penderita penyakit ini juga mengeluhkan demam tinggi di tubuh mereka. Penyakit yang mengerikan bukan. untung saja penyakit ini hanya sementara dan tidak perlu langkah penyembuhan khusus.

7. Sindrom Mayat Hidup.

Penyakit ini merupakan penyakit yang berhubungan dengan kondisi mental seseorang. Penderita akan merasa dia kehilangan segalanya. Bukan hanya merasa kehilangan barang-barang yang dimiliki, mereka juga merasa bahwa sebagian tubuhnya telah hilang. Mereka percaya bahwa sebenarnya mereka telah mati. Yang tersisa adalah tubuhnya saja.

Sindrom Mayat Hidup

Sindrom Mayat Hidup. image [source]

Perasaan depresi berat ini memiliki kecenderungan penderita akan melakukan bunuh diri.
Selain merasa depresi penderita gangguan mental ini juga merasa mampu mencium bau tubuh mereka yang mulai membusuk. Penderita juga merasa ada cacing yang telah menggerogoti tubuh mati mereka. Dalam dunia psikologi sindrom ini disebut Cotard Delusion. Kasus orang dengan gangguan mental Cotard Delusion pertama kali ditemukan oleh seorang ahli saraf bernama Jules Cotard. Penderita yang ditemui ahli neurologi tersebut merasa bahwa darah alam tubuhnya telah habis. Si penderita juga yakin bahwa ia telah mati sehingga ia tidak perlu makan. Ternyata penyebab gangguan mental ini adalah karena rusaknya beberapa saraf di bagian belakang otak. Bisa juga tidak berfungsinya bagian otak tersebut akibat mengkonsumsi obat obat tertentu. Untuk mencegah terkena penyakit ini usahakan untuk selalu melindungi otak bagian belakangmu ya. Dan hindari mengkonsumsi obat-obat berbahaya.

Itulah beberapa penyakit langka dan mengerikan. Untung saja penderita penyakit ini persentasenya tidak banyak. semoga saja para peneliti lekas menemukan metode penyembuhan bagi berbagai penyakit langka tersebut. Disamping itu sebaiknya kita perlu melakukan pencegahan dengan cara menjauhi semua penyebab yang memperbesar terjangkitnya berbagai penyakit tersebut. Tatap jaga gaya hidup sehat ya.

No more articles