Generasi yang tumbuh di era 90-an mengklaim bahwa mereka adalah generasi yang paling bahagia. Ketika kecil, mereka belum kenal yang namanya gadget, internet, media sosial serta acara acara tivi yang enggak bermutu. Karena belum banyak barang barang yang membuat anak anak sekarang jadi zombie tersebut, anak anak generasi 90 an lebih banyak bermain di luar rumah dan ketemu langsung dengan teman teman tanpa perantara medsos.

Ke-17 Permainan Anak Jaman Dulu Berikut Ini Cuma Sederhana Tapi Bikin Bahagia, Mana Yang Pernah Kamu Mainkan?

Ke-17 Permainan Anak Jaman Dulu Berikut Ini Cuma Sederhana Tapi Bikin Bahagia, Mana Yang Pernah Kamu Mainkan? Image [Source]

Permainan anak anak generasi 90-an juga tergolong sederhana. Mereka tidak perlu membeli mainan khusus dengan harga selangit. Mainan mereka adalah barang barang sepele yang bisa mereka temui di sekitar rumah. Kerikil, kereweng, potongan ranting, ban bekas, plastik bekas bahkan karet gelang pun jadi mainan. Dari barang barang sepele yang mereka temui di sekitar rumah tersebut, anak anak generasi 90 an juga bisa berkreasi membuat mainan mainan baru yang ternyata lebih asyik ketika dimainkan. Meskipun sederhana, meskipun murahan, mainan anak anak era 90 an itu enggak pernah gagal lho untuk membuat para pemainnya bahagia. Mau tahu permainan sederhana apa saja yang sering dimainkan oleh generasi anak era 90-an? Berikut ini 10 diantaranya.

1. Permainan Anak Era 90-An Yang Bikin Bahagia: Nyari Ikan Di Got

Permainan Anak Era 90-An Yang Bikin Bahagia: Nyari Ikan Di Got

Permainan Anak Era 90-An Yang Bikin Bahagia: Nyari Ikan Di Got Image [Source]

Melihat anaknya masuk got, ibu ibu jaman sekarang dijamin langsung pingsan. Itu karena got terlanjur dianggap sarang kuman, sumber bibit penyakit. Beda dengan anak era 90-an yang menjadikan got sebagai area main sehari hari. mereka tak segan basah basahan di got untuk sekedar menangkapi ikan ikan kecil yang berseliweran dan tak berharga. Jakau berhasil nangkap ikan bahagianya tidak bisa diukur. Selain bahagia, anak anak jaman dulu juga jadi enggak gampang sakit. mereka sudah kebal diserang berbagai kuman remah yang ditemui sejak dini.

2. Permainan Sederhana Anak Era 90-An Yang Bikin Bahagia: Meniup Gelembung Sabun.

Permainan Sederhana Anak Era 90-An Yang Bikin Bahagia: Meniup Gelembung Sabun.

Permainan Sederhana Anak Era 90-An Yang Bikin Bahagia: Meniup Gelembung Sabun. Image [Source]

Harga satu sachet sabun mungkin tidak sampai seribuan, tapi bagi anak anak era 90-an, seribuan itu sudah cukup bikin hati gembira. Tinggal campur saja dengan air plus larutan gula. Jadilah larutan yang bisa di pakai untuk membuat gelembung sabun. Tinggal buat tangkai untuk meniup yang tepat, maka anak anak pun bahagia seharian main main dengan gelembung sabun bersama teman se-RT.

3. Main Masak Masakan.

Main Masak Masakan.

Main Masak Masakan. Image [Source]

Main masak masakan biasanya dilakukan oleh para cewek. Tai enggak jarang juga lho anak cowok gabung bersama para cewek main masak masakan. Mau cewek atau cowok, buktinya permainan ini asik kok. Yang dimasak tentu saja bukan bahan makanan betulan. Biasanya masak masakan ini memaki air, tanah daun, bunga serta biji bijian yang bisa di temui di lingkungan sekitar. alat alatnya tentu saja juga bohongan. Tapi tak jarang anak anak yang main masak masakan ini kena damprat oleh emak emak mereka karena memakai alat masak betulan yang diambil dari dapur sang emak tanpa ijin. Belepotan tanah sudah menjadi resiko wajar dari permainan ini.

4. Main Hujan-Hujanan.

 Main Hujan Hujanan.

Main Hujan Hujanan. Image [Source]

Anak anak sekarang biasanya kalau hujan langsung ketakutan. Tapi kalau anak anak era 90-an dahulu, ketika hujan mereka malah senang. Bersama dengan teman teman mereka akan berlarian kesana kemari bermain air di setiap kubangan. Entah mengapa dulu penyakit batuk, pilek serta deman serta pusing pusing tidak langsung menyergap anak anak yang gemar main hujan-hujanan ini. anak anak sekarang kena hujan sedikit saja sudah harus periksa ke dokter.

5. Manjat Pohon.

Manjat Pohon.

Manjat Pohon. Image [Source]

Anak anak jaman dahulu pada jago manjat pohon. Itu karena mereka terbiasa mengambil buah buahan langsung dari pohon. Buah jambu, buah duwet, buah mangga bahkan buah kelapa pun sering diembat oleh anak anak ketika mereka sedang main bersama teman temannya. Untuk mengambil buah buahan tersebut tentu saja kemampuan memanjat pohon jadi syarat utama. Saking ahlinya memanjat pohon, anak anak era 90-an bahkan sampai bisa tiduran di antara ranting dan cabang cabang lho. Sesuatu yang bakal bikin orang tua jaman sekarang jantungan.

6. Permainan Sederhana Anak Era 90-An Yang Bikin Gembira: Ingkling.

 Permainan Sederhana Anak Era 90-An Yang Bikin Gembira: Ingkling.

Permainan Sederhana Anak Era 90-An Yang Bikin Gembira: Ingkling. Image [Source]

Cuma modal gambar kotak kotak di atas permukaan tanah doang, anak anak jaman dahulu bisa bahagia. Ya permainan pada foto di atas adalah ingkling atau engklek. Dalam permainan ini anak anak dituntut mampu melompat dengan satu kaki sambil menjaga keseimbangan. Mereka juga harus bisa melempar pecahan genteng secara tepat di kotak kotak yang sudah ditentukan. Permainannya sederhana tapi kalau dimainkan bersama teman, kebahagiaan yang didapatkan tidak bisa dilukiskan.

7. Permainan lompat tali.

Permainan lompat tali.

Permainan lompat tali. Image [Source]

Permainan ini Cuma butuh tali serta teman setia yang mau memeganginya sehingga tali bisa kamu lompati. Bisa dimainkan oleh cewek maupun cowok. anak anak era 90-an pun punya 101 gaya alam melompati tali ini. lomba tinggi-tinggian melompati tali bersama teman, mungkin ini yang membuatnya terasa asik.

8. Main Egrang.

Main Egrang.

Main Egrang. Image [Source]

Egrang juga merupakan salah satu permainan yang populer bagi anak era 90-an. Permainan ini perlu keahlian dan kemampuan mengontrol keseimbangan tubuh dengan baik. perlu keahlian karena membuat egrang itu bukanlah sesuatu yang mudah bagi anak anak. Saat perlatih pun permainan egran ini penuh perjuangan. Kaki bagian depan biasanya akan lecet lecet dulu selama latihan. Tapi kalau udah berhasil, banyak cewek yang bakal terkagum-kagum melihat kemampuanmu bermain egrang.

9. Mandi Di Sungai.

Mandi Di Sungai.

Mandi Di Sungai.Image [Source]

Air bersih di rumah banyak, tapi kenapa ya mandi di sungai yang airnya jelas jelas kotor malah lebih asyik. Kemungkinan karena di sungai anak anak bebas mau ngapain aja. Salto, terjun bebas dari atas, pura pura tenggelam, hingga ngompol di dalam celana pun tidak bakal ketahuan. Namun yang bikin seru mungkin karena di sungai, kita mandi bersama dengan teman teman. Kapan terakhir kali kamu mandi di sungai?

10. Main Petak Umpet.

 Main Petak Umpet

Main Petak Umpet Image [Source]

Petak umpet juga merupakan sebuah permainan yang asyik. Salah satu peserta jadi penhaga yang harus memejamkan mata kemudian mencari teman temannya yang ngumpet setelah hitungan tertentu. Yang bikin seru kadang teman teman terlalu semangat dalam bersembunyi sehingga sukar ditemukan. Tak jarang juga, yang kebagian jaga di tinggal pulang oleh anak anak lain sehingga kebinggungan sendiri tanpa tahu ia sedang jadi korban kejahilan teman temannya.

No more articles