Kehamilan dan persalinan adalah sebuah fase yang akan dihadapi ibu hamil. Dalam fase persalinan kadang ada beberapa kondisi yang menyebabkan ibu hamil tidak dapat menjalani persalinan dengan normal sehingga diharuskan menjalani proses Caesar. Caesar merupakan proses melahirkan dari ibu hamil tanpa melalui jalur lahir pada umumnya, melainkan melalui operasi pembedahan pada perut dan rahim.

Persalinana atau proses melahirkan bukanlah hal yang mudah. Untuk itu ibu hamil beserta suaminya juga mutlak harus mempersiapkan berbagai hal, apalagi saat menjelang persalinan operasi Caesar. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, antara lain.

1. Menjaga Komunikasi dengan Dokter

Sebelum menjalani proses persalinan, wajib hukumnya untuk terus menjaga komunikasi dan berkonsultasi dengan dokter. Tidak perlu khawatir untuk mengungkapkan semua keluhan yang dirasakan, hal ini juga penting untuk membantu dokter mengetahui kondisi tubuh sebelum persalinan agar persalinan berjalan lancar.

Menjaga komunikasi dengan dokter [ Image Source ]

Menjaga komunikasi dengan dokter [ Image Source ]

2. Perlengkapan yang Akan dibawa ke RS

Persiapkan terlebih dahulu baran-barang kebutuhan ibu dan bayi yang akan dibawa ke rumah sakit. Mengepak tas yang berisi beberapa pakaian baju dalam, berkancing depan, kain, selimut, serta perlengkapan ibu dan bayi.

Perlengkapan yang akan dibawa [ Image Source ]

Perlengkapan yang akan dibawa [ Image Source ]

Ibu yang melahirkan dengan proses persalinan Caesar biasanya akan tinggal lebih lama di rumah sakit dibandingkan dengan yang melahirkan dengan proses normal.

3. Biaya Rumah Sakit

Persalinan dengan operasi Caesar seperti yang sudah banyak diketahui orang jauh lebih mahal dibandingkan dengan persalinan normal. Hal ini terjadi karena operasi Caesar memang bukan operasi yang ringan dan membutuhkan alat medis, perangkat medis dan dokter serta perawat yang benar-benar berkualitas.

Biaya rumah sakit [ Image Source ]

Biaya rumah sakit [ Image Source ]

Selain itu, perawatannya pun membutuhkan waktu yang lebih lama. Biaya persalinan Caesar besarnya relative, tergantung rumah sakit dan paket kamar rawat inap yang diambil.

4. Persiapkan Pendonor Darah

Satu persiapan yang tidak boleh dilupakan adalah pendonor darah yang siap untuk memberikan bantuan saat dibutuhkan sebagai antisipasi jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Dalam proses operasi Caesar banyak kejadian yang tidak diduga-duga. Salah satunya adalah pendarahan hebat pada ibu saat operasi.

Pendonor darah [ Image Source ]

Pendonor darah [ Image Source ]

Umumnya seorang ibu yang menjalani persalinan memang akan mengalami pendarahan hebat, namun pendarahan tersebut tidak lebih dari 500ml. kondisi ini yang wajib perlu diwaspadai yaitu ketika pendarahannya lebih dari 500ml.

5. Persiapkan Fisik dan Mental

Saat memutuskan ataupun diputuskan untuk menjalani operasi Caesar saat persalinan, biasanya ibu hamil akan mengalami depresi, perasaan yang tidak nyaman, gelisah dan cemas. Kondisi ini terbilang cukup wajar terjadi karena memang operasi ini merupakan operasi yang tergolong cukup berat. Untuk itu sangat wajib bagi pasangan suami istri ini untuk mempersiapkan fisik dan mental.

Berusahalah untuk selalu berfikir positif jika semuanya akan berjalan dengan lancar. Hindari fikiran negatif untuk membantu mengurangi rasa cemas agar dalam prosesnya semua dapat berjalan lancar. Dengan fisik dan mental yang prima persalinan melalui operasi Caesar tentu akan dengan mudah di hadapi dan lalui bersama pasangan.

Persiapkan fisik dan mental [ Image Source ]

Persiapkan fisik dan mental [ Image Source ]

Persiapan ini juga harus dilakukan oleh sang suami. Tahu kan sudah banyak yang berkata jika istri hamil suami pun akan ikut hamil. Jadi ketika istri melahirkan, suami pun akan ikut melahirkan. Istri berjuang suami juga harus berjuang. Seorang suami harus benar-benar memperlihatkan kekuatannya di depan istrinya agar istripun bisa melewati masa-masa menegangkan ini dengan lancar.

Oke ibu-ibu bapak-bapak, itu tadi beberapa tips persiapan operasi Caesar. Semoga bisa bermanfaat yaa. Dan selamat menunggu hari kelahiran sang baby yang di tunggu-tunggu. Semoga lancar, sehat ibu dan bayi serta ayahnya.

No more articles