Pulau bali merupakan pulau yang cukup unik di bandingkan pulau pulau lain di indonesia. di pulau ini mayoritas penduduknya beragama hindu dan masih menjalankan tradisi secara turun temurun. Mereka rutin melaksanakan ritual umat hindu. Satu tahun sekali, ada hari raya unik di bali yang di rayakan dengan cara berbeda dibanding hari hari raya pada umumnya. Hari raya unik terebut adalah hari raya nyepi. Kalau hari raya pada umumnya di rayakan dengan hingar bingar dan ramai ramai, maka hari raya nyepi dijalani masyarakat bali dengan menyepi. Mereka tidak menyalakan lampu, tidak memutar hiburan, tidak bepergian dan tidak bekerja.

Ini Daya Tarik Wisata Bali Di Saat Hari Raya Nyepi Serta Fakta Faktanya Yang Jarang Di Ketahui Banyak Orang

Ini Daya Tarik Wisata Bali Di Saat Hari Raya Nyepi Serta Fakta Faktanya Yang Jarang Di Ketahui Banyak Orang Image [source]

Bali benar benar berubah dari kota wisata menjadi kota yang sepi. Bahkan bandara pun berhendi sehari ketika hari raya nyepi ini berlangsung. Lalu bagaimana para wisatawan yang kebetulan ada di bali ketika perayaan nyepi ini berlangsung? Di luar dugaan banyak orang, wisatawan justru mendapatkan momen menarik saat berada di bali pada hari raya nyepi. Mereka justru menjadi saksi sisi lain dari budaya bali yang tak banyak di ketahui banyak orang. mau tahu apa saja hal menarik yang bisa di dapat para wisatawan saat ada di bali ketika hari raya nyepi berlangsung? Berikut ini info serta fakta fakta terkait dengannya.

1. Pas Hari Raya Nyepinya Memang Sepi, Tapi H-1 Nya Bali Meriah Dengan Berbagai Ritual Adat.

Pas Hari Raya Nyepinya Memang Sepi, Tapi H-1 Nya Bali Meriah Dengan Berbagai Ritual Adat.

Pas Hari Raya Nyepinya Memang Sepi, Tapi H-1 Nya Bali Meriah Dengan Berbagai Ritual Adat. Image [source]

Disarankan kalau ingin menikmati daya tarik wisata bali pas hari raya nyepi, datangnya itu 1 hari sebelum hari H. Sebelum hari raya nyepi tiba masyarakat bali menggelar berbagai ritual upacara adat. Di hari ini akan di gelar pawai ogoh ogoh. Itu lho boneka boneka leak raksasa yang dibuat dari bubur kertas dan di beri rangka. Wajah ogoh ogohnya memang menyeramkan. Tapi wajah orang orang yang ngarak ramah ramah kok. Bahkan banyak juga turis asing yang memakai pakaian adat bali untuk bisa ikut arak arakan pawai ogoh ogoh ini.

2. Lepas Dari Hiruk Pikuk Keramaian Dan Aktivitas Sehari Hari.

Lepas Dari Hiruk Pikuk Keramaian Dan Aktivitas Sehari Hari.

Lepas Dari Hiruk Pikuk Keramaian Dan Aktivitas Sehari Hari. Image [source]

Pada hari hari biasa, pikiran kita itu selalu di jejali dengan hal hal yang kebanyakan tidak penting. berita berita kerusuhan, lirik lirik laguhinggar bingar musik serta updatan updetan dari beranda media sosial kita. ketika hari raya nyepi tiba semua hal yang menuh menuhi otak kita itu bisa dihilangkan. Kita jadi punya waktu untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. otak bisa istirahat sejenak dari memikirkan hal hal tidak penting. hal ini bisa terjadi karena kadang pihak operator pun mematikan akses jaringan internet saat nyepi berlangsung. Kapan lagi bisa seperti ini kalau tidak di bali saat hari raya nyepi.

3. Saat Hari Raya Nyepi Berlangsung, Kita Bisa Menikmati Keindahan Langit Penuh Bintang.

Saat Hari Raya Nyepi Berlangsung, Kita Bisa Menikmati Keindahan Langit Penuh Bintang.

Saat Hari Raya Nyepi Berlangsung, Kita Bisa Menikmati Keindahan Langit Penuh Bintang. Image [source]

Langit di malam hari itu sebenarnya indah. Milyaran bintang bertebaran menghiasi di sela sela kegelapan. namun syang sekali karena polusi cahaya kota, keindahan langit malamm tersebut tidak bisa kita nikmati. Ketika hari raya nyepi ini berlangsung suasana malam di bali jadi beda. Semua cahaya lampu di padamkan. Satu satunya cahaya yang menerangi malam ya cahaya bintang. Gugusan gugusan bintang, jalur galaksi bima sakti serta kerlap kerlip milyaran bintang lain bisa dilihat dengan jelas. Syaratnya tentu saja cuaca tidak sedang mendung. Ada lho wisatawan yang sengaja bangun subuh subuh agar bisa puas menikmati indahnya langit bali di malam hari saat nyepi ini.

4. Menikmati Berbagai Aktivitas Yang Ditawarkan Di Dalam Hotel.

Menikmati Berbagai Aktivitas Yang Ditawarkan Di Dalam Hotel.

Menikmati Berbagai Aktivitas Yang Ditawarkan Di Dalam Hotel. Image [source]

Saat nyepi wisatawan memang tidak bebas keluar keluar. Bagi kamu yang enggak betah di dalam kamar, ada kok pilihan aktivitas asik yang ditawarkan hotel hotel. Bisa menikmati kuliner, bisa juga menikmati treatmen seperti spa, menikmati sunset berdua atau nonton maraton film film di dalam kamar. Pengalaman yang di dapat pokoknya lain daripda hari hari lain di bali. Bakalan berkesan dan pengen mengalami lagi. ikut kelas yoga atau fitness juga bisa.

5. Fakta Fakta Menarik Terkait Pelaksanaan Hari Raya Nyepi Di Bali

Fakta Fakta Menarik Terkait Pelaksanaan Hari Raya Nyepi Di Bali

Fakta Fakta Menarik Terkait Pelaksanaan Hari Raya Nyepi Di Bali Image [source]

Saat hari raya nyepi berlangsung, masyarakat bali mengurangi emisi karbon dioksida sebanyak 20.000 ton. Hari raya nyepi di bali ini juga menginspirasi pbb untuk menetapkan world silent day. Penggunaan listrik di bali akibat hari raya nyepi in pun bisa di hemat sebanyak 4 miliar rupiah atau setara 290 megawatt. Penggunaan bahan bakar seperti solar dan bensin juga bisa dihemat sebesar 500 ribu liter atau seharga 3 miliar rupiah. cukup mengagumkan juga ya perayaan nyepi ini.

No more articles