Di dalam masyarakat, kita mengenal adanya buta warna. Ini adalah sejenis kelainan dimana seseorang gagal membedakan warna warna tertentu ketika di letakkan berdekatan. Selain ada buta warna, ternyata ada juga lho kelainan aneh yang disebut dengan kebutaan wajah. Istilah ilmiah untuk kelainan kebutaan wajah ini aalah Prosopagnosia.

Mengenal Penyakit Prosopagnosia Atau Penyakit Kebutaan Wajah

Mengenal Penyakit Prosopagnosia Atau Penyakit Kebutaan Wajah Image [source]

Orang yang punya kelainan ini tidak mampu mengenali wajah orang lain yang ada di sekitarnya bahkan wajahnya sendiri. apa sih sebetulnya penyakit kebutaan wajah ini? bagaimana juga penderitaan yang dialami oleh orang yang mengalaminya? Berikut info lengkapnya.

1. Bagaimana Penyakit Buta Wajah Bisa Terjadi.

Bagaimana Penyakit Buta Wajah Bisa Terjadi.

Bagaimana Penyakit Buta Wajah Bisa Terjadi. Image [source]

Penyebab penyakit kebutaan wajah ini ternyata bisa disebabkan oleh 2 hal. Penyebab pertama adalah karena trauma fisik yang diderita kepala akibat cidera. Dan yang kedua akibat faktor keturunan. Agar bisa mengenali wajah, otak seseorang perlu mengaktifkan sel sel saraf di otak bagian atas dan bagian depan. kedua bagian otak tersebut harus saling terhubung. Kegagalan bekerjasamanya sel neuron dari 2 bagian otak yang berbeda ini bisa menyebabkan kelainan kebutaan wajah.

2. Penderita Kebutaan Wajah Melihat Wajah Seprtri Orang Normal Tapi Tak Mampu Menyimpan Ke Dalam Memori

Penderita Kebutaan Wajah Melihat Wajah Seprtri Orang Normal Tapi Tak Mampu Menyimpan Ke Dalam Memori

Penderita Kebutaan Wajah Melihat Wajah Seprtri Orang Normal Tapi Tak Mampu Menyimpan Ke Dalam Memori Image [source]

Jangan dibayangkan orang yang mengalami kebutaan wajah itu melihat wajah semua orang jadi rata seperti hantu lho. ketika melihat wajah, tampilannya ya terlihat seperti orang normal melihat wajah. Tapi mereka gagal menemukan ciri khas dari masing masing wajah seseorang. Mereka tidak mampu menyimpan karakter wajah seseorang dalam memori jangka panjang. Sehingga ketika bertemu lagi di lain waktu bisa jadi mereka tidak mengenali.

3. Pendrita Kebutaan Wajah Kesulitan Mengenali Wajah Mereka Sendiri.

Pendrita Kebutaan Wajah Kesulitan Mengenali Wajah Mereka Sendiri.

Pendrita Kebutaan Wajah Kesulitan Mengenali Wajah Mereka Sendiri. Image [source]

Cukup aneh, tapi penderita kebutaan wajah bisa jadi tidak bisa mengenali wajah mereka sendiri. ada satu peristiwa dimana seorang penderita kebutaan wajah makan di sebuah restoran yang ada cermin besarnya. Ia heran mengapa ada seseorang yang terus menerus meniru gerakannya. Tak taunya, orang yang terus menerus meniru gerakannya tersebut adalah bayangannya sendiri di cermin. Ia tak mengenali wajahnya sendiri di cermin sampai sadar bahwa yang sedang ia lihat adalah cermin. Ketika di tunjukkan foto wajahnya sendiri diantara kerumunan pun penderita kebutaan wajah tak bisa mengenali yang mana yang meruoakan wajahnya.

4. Terpaksa Harus Ramah Kepada Semua Orang.

Terpaksa Harus Ramah Kepada Semua Orang.

Terpaksa Harus Ramah Kepada Semua Orang. Image [source]

Orang yang mengalami kebutaan wajah seringkali gagal mengenali temannya ketika bertemu di jalan atau di tempat umum. Mereka seringkali berjalan saja lurus tanpa menyapa ketika berpapasan dengan temannya. Tentu saja teman yang beertemu dengannya tersebut bakalan heran dan menganggap ia sombong. Untuk menghindari dianggap sombong ketika bertemu dengan teman di tempat umum ini, para penderita buta wajah seringkali terpaksa ramah pada setiap orang. jaga jaga kalau orang asing yang ia temui itu ternyata adalah temannya.

5. Perubahan Sedikit Saja Pada Wajah Seseorang Bisa Membuat Penderita Buta Wajah Gagal Mengenali.

Perubahan Sedikit Saja Pada Wajah Seseorang Bisa Membuat Penderita Buta Wajah Gagal Mengenali.

Perubahan Sedikit Saja Pada Wajah Seseorang Bisa Membuat Penderita Buta Wajah Gagal Mengenali. Image [source]

Jika seseorang melakukan sedikit perubahan pada wajahnya, misalnya dengan mencukur jenggor atau merubah gaya rambut, maka penderita buta wajah bakalan tidak bisa mengenali seseorang yang penampilannya berubah tersebut. itu karena bagi penderita buta wajah, wajah seseorang itu terlihat sama. Ya mirip yang terjadi pada kita ketika melihat wajah bayi. Rata rata kita menganggap bahwa semua wajah bayi itu sama kan kecuali kita punya anak sendiri? yang terjadi pada penderita buta wajah ya seperti itu.

No more articles