Ada banyak sekali jenis penyakit yang telah menyerang manusia dengan berbagai macam resikonya. Penyakit yang tergolong kategori ringan mungkin tidak terlalu berbahaya bagi para penderitanya, begitu juga sebaliknya dengan penyakit berat yang hingga kini mungkin menjadi momok bagi banyak orang karena resikonya terlalu mengerikan. Namun dibalik mengerikannya berbagai macam jenis penyakit berbahaya, tahu nggak kalau beberapa jenis penyakit berbahaya bisa dicegah hanya dengan cara yang sangat sederhana.

Brokoli Dapat Mencegah Penyakit Berbabahaya

Brokoli Dapat Mencegah Penyakit Berbabahaya [ image source ]

Salah satu diantaranya adalah dengan rutin mengkonsumsi sayuran brokoli. Mungkin banyak orang yang sadar dan tahu akan hal ini, tapi yang jelas brokoli nggak hanya sekedar sayuran yang enak di santap tapi juga dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya. Dan berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah hanya dengan rutin mengkonsumsi brokoli.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Brokoli Dapat Mencegah Kanker

Brokoli Dapat Mencegah Kanker [ image source ]

Mulai hari ini sebaiknya kamu harus mulai rutin memasukkan brokoli kedalam daftar menu masakanmu setiap hari. Pasalnya brokoli adalah salah satu dari sekian banyak sayuran yang menurut penelitian benar-benar mampu menghindarkan seseorang dari penyakit mengerikan seperti kanker. Kandungan zat alami dalam brokoli yang disebut dengan sulforaphne ternyata sangat berperan aktif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dengan sangat cepat. Selain kanker, brokoli juga sangat bagus jika dikonsumsi oleh para pengidap penyakit tumor.

2. Mengurangi Kolesterol

Brokoli Membantu Mengatasi Kolesterol

Brokoli Membantu Mengatasi Kolesterol [ image source ]

Selain dapat mencegah berkembangnya sela kanker dalam tubuh, brokoli ternyata juga sangat baik untuk mengatasi masalah tinggi kolesterol. Kolesterol sendiri juga disebut sebagai ancaman karena dapat menyebabkan orang terkena penyakit jantung. dalam penelitian, brokoli disebut sebagai sayuran yang kaya akan kandungan serat pektin yang dapat menghancurkan kolesterol dalam darah. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi brokoli, seseorang akan mendapatkan efek yang sama saat sedang mengkonsumsi obet penurun kolesterol.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Brokoli Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Brokoli Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh [ image source ]

Peran brokoli dalam mencegah penyakit berbahaya tidak hanya seputar masalah kanker dan kolesterol, tapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi para pengkonsumsinya. Brokoli disebut sebagai sayur yang kaya dan tinggi akan kandungan vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, E, K, C, karotenoid, zeaxanthin, beta-karoten yang semuanya bersifat sebagai antioksidan bagi tubuh. Nah buat kamu yang sering banget sakit-sakitan atau gampang sakit, coba rutin mengkonsumsi brokoli untuk meningkatkan kebali daya tahan tubuhmu.

4. Membantu Menyehatkan Tulang

Brokoli Dapat Menyehatkan Tulang

Brokoli Dapat Menyehatkan Tulang [ image source ]

Jika selama ini kamu hanya mengetahui bahwa hanya bayam yang dapat menguatkan tulang, kamu juga harus tahu bahwa brokoli juga dapat memberikan efek yang sama untuk kesehatan tulang seperti halnya dengan bayam. Bahkan vitamin K yang terdapat pada brokoli disebut mampu membantu protein osteocalcin menambah jumlahnya secara alami yang kedepannya membantu kalsium untuk peratawan tulang hingga ukuran mikronya. Oleh sebab itulah, brokoli bahkan sangat dianjurkan dikonsumsi oleh orang yang sudah lanjut usia guna pencegahan masalah osteoporosis.

5. Mencegah Rusaknya Pembuluh Darah

Brokoli Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Brokoli Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka [ image source ]

Khasiat terakhir yang diperoleh dari mengkonsumsi brokoli adalah dapat mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan pembuluh darah. Bahkan brokoli memiliki kandungan zat anti radang yang dapat membantu dengan cepat pemulihan pada berbagai macam jenis luka akibat benturan, goresan hingga luka bakar. Hal itu disebabkan karena brokoli memiliki kandungan flavonoid yang mengandung jaringan ikat yang sangat baik untuk meregenerasi sel kulit tubuh yang mengalami kerusakan akibat luka ringan hingga serius.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan mengenai manfaat brokoli yang sangat bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit berbahaya. Jangan lupa, untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, konsumsilah brokoli dengan cara direbus dengan waktu yang tidak terlalu lama. Semalat mencoba, dan selamat menikmati hidup sehat dengan mengkonsumsi brokoli.

No more articles