Keluarga yang ideal sejatinya adalah orang tua yang mencintai anak-anaknya secara rata dan tidak membedakan satu sama lain. Perbedaan perlakuan pada anak berdasarkan gender sebenarnya karena orang tua anak sangat keterbatasan informasi. Misalnya dulu sang orang tua besar dalam keluarga bertipe feodal dimana lelaki selalu diistemewakan dalam segala hal. Budaya atau kebiasaan semacam ini akan menimbulkan dan mencetak anak mendapat perlakuan berbeda.

Dibedakan dengan saudara karena beda gender atau biasa disebut pilih kasih tentu hal yang sangat tidak dianjurkan dalam mendidik anak. Perlakuan istemewa atau pilih kasih adalah memberikan perhatian berlebih ke salah satu anak dan menawarkan perlakuan yang positif dibanding orang lain dalam segala situasi. Ada beberapa cara agar kamu bisa menghadapi jika merasa dibedakan dengan saudaramu karena berbeda gender, seperti apa mari kita simak..

1. Menganalisis Situasi

menganalisis situasi [image source]

menganalisis situasi [image source]

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk mempelajari situasi dan menentukan apakah orangtua mu benar-benar pilih kasih atau kamu hanya salah paham dalam melihat perspektif yang berbeda. Mungkin mereka tidak berniat untuk membedakanmu dengan saudaramu, selain itu mungkin juga saudaramu lebih butuh perhatian kedua orang tuamu. Mereka tentu tidak menyadari bahwa dengan berbuat demikian, sudah membuatmu merasa terabaikan atau bahkan seolah-olah lebih mendukung saudaramu.

2. Mengintrospeksi Diri

mengintrospeksi diri [image source]

mengintrospeksi diri [image source]

Tentu ini sangat diperlukan setiap ingin melakukan perubahan apapun. Kamu harus mengintrospeksi perbuatan sendiri sebelum menuduh orang lain. Mungkin kamu merasa dibedakan karena sebelumnya kamu pernah membuat kesalahan dan orang tuamu mencoba untuk kamu menyadariitu. Cobalah untuk mengingat berbagai macam hal yang kamu lakukan sebelumnya. Dan jika kamu sudah mengetahui apa yang terjadi atau bahkan tidak terjadi apa-apa sebelumnya, kamu bisa memikirkan langkah selanjutnya. Dan jangan bersedih.

3. Komunikasikan

Segala sesuatu yang terjadi memang harus dikomunikasikan. Kesalahpahaman atau miskomunikasi bisa terjadi kapan saja dan dapat memperburuk keadaan. Bicarakan dan komunikasikan dengan baik kepada orang tua bahwa kamu mengalami ketidakadilan, jangan malah terlibat persaingan sengit antar saudara. Kamu pasti sudah belajar dewasa dan katakan kepada mereka bahwa yang mereka lakukan sudah membuat kamu tak nyaman.

komunikasikan [image source]

komunikasikan [image source]

Jika kamu tidak mengungkapkan mereka tidak akan tahu apa yang sedang kamu rasakan. Berkomunikasilah dengan baik kepada orang tuamu, rendahkan suara dan tetaplah sopan serta menjaga lisan dan menghindari menggunakan gerakan lain yang tidak perlu. Kamu harus ingat bahwa mereka adalah orang tua yang harus kamu hormati.

4. Hadapi dengan Sabar dan Berani

hadapi dengan sabar dan berani [image source]

hadapi dengan sabar dan berani [image source]

Merasa di bedakan atau diabaikan memang sedih namun bukan berarti akhir dari segalanya. Tapi jika kamu bisa menghadapi ini dengan sabar dan berani, kamu akan kelaur dari masalah ini dengan hasil yang positif dan tentu yang kamu inginkan.

5. Jangan Membalas Dendam

jangan membalas dendam [image source]

jangan membalas dendam [image source]

Membangun hubungan baik sangat diperlukan, jangan membalas dendam dalam hal apapun. Bangunlah kualitas hubungan dengan saudaramu karena dia juga membutuhkan seseorang utnuk diajak sharing atau mengobrol serta melepaskan tekanan yang ada.

Jika memikirkan solusi hanya dengan kesedihan dan tangis, itu tidak akan menghasilkan apa-apa. Jika kamu sudah bsia berpikir seperti ini berarti kamu sudah cukup dewasa. Meskipun ini benar-benar sulit untuk dipercaya dan menerima kenyataan, namun kamu akan banyak belajar dari masalah ini. Kamu juga harus memahami jika orang tua mu lebih mengandalkan saudara laki-lakimu karena mereka di didik untuk menjaga saudara perempuannya.

Well itu tadi solusi ketika kamu merasa dibedakan dengan saudaramu karena berbeda gender. Kamu bisa belajar mengalah dan belajar bersabar serta berani dan mampu untuk bersuara atau berpendapat di depan orang tuamu. Semoga berhasil dan semoga bermanfaat ya..

No more articles