Seperti yang kita ketahui jika rata-rata satu soal SBMPTN harus bisa diselesaikan kurang dari dua menit, bahkan ada bagian tes dimana kita harus kurang dari satu menit dalam menjawab soal. Rasanya sangat perlu trik jitu untuk menghadapi soal-soal ini sehingga bisa cepat menyelesaikan banyak soal dengan tepat.

Selain harus menguasai seluruh materi yang akan diujikan dengan membaca buku-buku pemantapan yang berisi materi-materi dasar, kamu juga perlu untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Tentu dengan sedikit banyaknya waktu adalah sangat bergantung pada kemampuan dasar yang sudah kamu miliki dan tinggi rendahnya passing grade program studi PTN yang ingin kamu dapatkan. Berikut ini adalah tips dan trik buat kamu yang akan mengikuti ujian SBMPTN.

1. Tenangkan Pikiran dari Berbagai Rasa Kecewa dan Menyesal

Rasa kecewa dan menyesal sering membuat kalangan muda galau berkepanjangan. Mereka barangkali susah move on dari peristiwa kejadian pernah mereka alami. Sama halnya dengan masa-masa tes masuk perguruan tinggi negeri. Bisa jadi ada yang masih kecewa akibat tidak lulus SNMPTN. Barang kali menyesal karena salah strategi memilih jurusan saat memberikan ke guru. Lebih parahnya lagi merasa malu karena tidak diterima sedangkan banyak teman-temannya pada keterima.

tenangkan pikiran [image source]

tenangkan pikiran [image source]

Hal masa lalu biarlah menjadi sebuah kenangan dan pembelajaran. Justru jika kamu punya jiwa besar harusnya itu dijadikan motivasi untuk lulus SBMPTN nantinya. Ketika kamu lulus dengan cara mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah, yakin deh kamu akan terharu dengan semua usaha jerih payah kalian. Berusahalah untuk selalu tenang agar mudah belajar dan mengerjakan soal SBMPTN saat tes berlangsung. Ketenangan ini merupakan hal utama agar bisa dapatin hasil optimal.

2. Pilih Materi Secara Cepat dan Tepat

pilih materi atau strategi [image source]

pilih materi atau strategi [image source]

Strategi ini meliputi trik belajar materi secara cepat dan memilih materi penting berpeluang besar masuk dalam soal. Pelajarilah soal-soal SBMPTN beberapa tahun sebelumnya. Minimal 6 tahun terakhir. Sangat membantu apabila sampai sepuluh tahun terakhir. Pelajari tiap soal, selain itu lakukan pengembangan materi masing-masing butir pertanyaan. Sebagai contoh misalnya ada soal berkaitan dengan nilai maksimum sebuah fungsi. Hal pertama wajib kalian lakukan adalah mengerjakan terlebih dahulu soal tersebut.

3. Pelajari Bagaimana Cara yang Paling Efisien dan Mudah

pelajari bagaimana cara yg paling efiesien [image source]

pelajari bagaimana cara yg paling efiesien [image source]

Pelajari bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut dengan cara paling efisien dan mudah. Setelah mengerjakannya, maka perluas materi berkaitan soal tersebut. Nilai maksimum minimum berkaitan dengan aplikasi turunan dan lain sebagainya. Pelajari konsep lain berkaitan dengan aplikasi turunan fungsi yang meliputi persamaan garis singgung titik pada suatu kurva ataupun dari titik luar, grafik fungsi naik dan turun serta nilai stasioner (termasuk stasioner point). Kamu harus menguasai dengan matang semua konsep berkaitan pada soal.

4. Perhatikan Strategi Pengerjaan Soal, Kerjakan Soal yang Dianggap Mudah Terlebih Dahulu.

kerjakan sal yang mudah [image source]

kerjakan sal yang mudah [image source]

Perhatikan strategi pengerjaan soal. Beberapa hal perlu diperhatikan seperti mengerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Misalnya saja kamu sedang dalam tahap mengerjakan sebuah soal, terasa lama dan agak sulit, langsung lewati dan kerjakan soal lainnya. Jangan habiskan waktu hanya karena sebuah soal. Ingat alokasi waktu tes sangat terbatas, sehingga kamu harus perhatikan masalah tersebut.

5. Jaga Kesehatan!

jaga kesehatan [image source]

jaga kesehatan [image source]

Selama berjuang mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN, jagalah kesehatanmu. Usahakan jangan tidur larut malam untuk membuat tubuh tetap sehat. Biasanya, sehari sebelum SBMPTN banyak peserta yang merasa galau, cemas dan akhirnya membuat kondisi tubuhnya menjadi drop. Tentu hal ini akan merugikan dirimu sendiri. Kamu tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga secara teratur agar metabolisme tubuh semakin kuat dan lebih siap lagi dalam menghadapi ujian tulis nanti.

6. Tips Trik Waktu Mengerjakan Soal SBMPTN

Yang paling pertama harus kamu lakukan sebelum melakukan beberapa poin di atas adalah perhatikan instruksi dan para pengawas dengan baik. Umumnya tidak boleh membuat gaduh dan diminta cek lembar jawaban yang disediakan. Kemudian kerjakan soal dengan serius tapi santai. Anggap saja kamu sedang mengerjakan soal latihan, seakan-akan tanpa beban. Jangan memperhatikan atau melihat peserta lainnya. Anggap saja kamu berada di ruang kosong yang sepi dan santai, agar konsentrasimu tidak terpecah belah.

tips n trik sbmptn [image source]

tips n trik sbmptn [image source]

Ingatlah untuk mengerjakan dulu soal-soal yang mudah. Untuk soal-soal yang ragu-ragu menjawabnya, beri tanda terlebih dahulu. Kalau soal-soal yang mudah sudah selesai, barulah dilanjutkan dengan soal-soal yang sudah kamu tandai. Setelah itu, kerjakan soal-soal yang rumit tapi ingat jangan dipaksakan menjawab karena berpotensi mengurangi nilai. Setelah semua beres, cek kembali instruksi ujian sudah dikerjakan semua atau belum.

Setelah ujian selesai, istirahatlah sebentar untuk menenangkan diri, baru setelah itu mencari kesenangan atau refreshingtetapi tetap tidak berlebihan. Kalau sudah benar-benar fresh, belajar lagi untuk ujian di hari berikutnya. Selain itu, hal yang terpenting adalah bukan hanya faktor ilmu dalam menjawab soal melainkan juga faktor dari orang tua. Jadi sebelum menghadapi tes terlebih dahulu minta doa restu dari orang tua kita.

Well guys, itu tadi beberapa tips and trik bagaimana cara mengikuti ujian SBMPTN agar kamu sukses menjawabnya dan mendapatkan perguruan tinggi yang kamu inginkan. Semoga beruntung ya, semoga bermanfaat juga. Semangat.

No more articles