Panjat tebing atau yang lebih dikenal dengan nama Rock Climbing merupakan salah satu olah raga alam bebas yang banyak memiliki penggemar. Kegiatan mendaki gunung bahkan kadang juga menyertakan keahlian panjat tebing untuk melewati medan ekstrim tertentu. Umumnya medan tersebut berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan lebih dari 45o sehingga tidak bisa dilewati dengan berjalan seperti biasa.

Indonesia banyak memiliki spot-spot panjat tebing yang patut dicoba. Selain karena tingkat kesulitannya yang memberikan adrenaline berbeda, pemandangan alam yang disajikan pun tak kalah hebatnya. Paling tidak ada 7 tebing yang menjadi surga bagi para pemanjat tebing Indonesia. Di mana saja itu? Simak selengkapnya di ulasan berikut ini.

1. Tebing Lembah Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau merupakan sebuah ngarai dekat Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas yang sangat memukau dengan topografi berbukit-bukit dan bergelombang dikelilingi batu pasir yang berwarna-warni. Di bagian kaki Air Terjun Sarasah Bunta terdapat monumen peninggalan Belanda yang membuktikan tempat ini sudah ramai semenjak zaman kolonial di tahun 1926.

harau

Tebing Lembah Harau [ Image Source ]

Di Lembah Harau terdapat puluhan jalur yang bisa dipanjat sebagai sarana Sport Climbing. Tebing-tebing di Lembah Harau berupa tebing granit terjal yang memiliki ketinggian antara 80-300 meter. Sejak memasuki kawasan Lembah Harau ada banyak keindahan yang memukau di sepanjang jalan sehingga patutlah sebagian pemanjat menjuluki lokasi ini sebagai Yosemite-nya Indonesia.

2. Tebing Citatah, Jawa Barat

Tebing Citatah merupakan sebuah kawasan tebing yeng berlokasi di Citatah, Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di 5 km Padalarang. Dengan morfologi kawasan yang berbukit-bukit dan sebagian besar terbentuk dari kapur, Tebing Citatah terlihat berbeda dengan bukit-bukit pada umumnya. Citatah pernah menjadi perbincangan media lokal dan nasional saat KRBC (Kelompok Cekungan Riset Bandung) menemukan situs purba di kawasan ini.

cimg04411

Tebing Citatah [ Image Source ]

Citatah memiliki tiga kawasan tebing yang berbeda, yakni Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. Tebing Citatah 48 memiliki ketinggian 40-50 meter sehingga dinamakan Tebing Citatah 48. Tebing Citatah 90 memiliki ketinggian sekitar 90 meter dari permukaan tanah. edangkan Tebing Citatah 125, sesuai namanya, memiliki ketinggian sekitar 125 meter.

3.Tebing Uluwatu, Bali

Selain memiliki Tari Kecak yang sangat terkenal, Uluwatu juga memiliki tebing yang sangat eksotis di pinggir laut sisi selatan Pulau Bali. Tebing ini terletak di kawasan Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Dari tebing ini, para pemanjat maupun wisatawan dapat menikmati lansekap alam yang indah dibarengi pertunjukan seni budaya yang sangat memukau.

tebing-uluwatu

Tebing Uluwatu [ Image Source ]

Tebing Uluwatu memiliki ketinggian antara 75-100 meter dan sudah tersedia beberapa jalur yang bisa digunakan untuk pemanjatan. Tebing Uluwatu memiliki tingkat kesulitan yang sangat bervariasi, dari yang cukup mudah sampai yang paling sulit. Permukaan Tebing Uluwatu yang cenderung tajam-tajam menambah tantangan para pemanjat untuk menaklukkan tebing ini.

4. Tebing Pantai Siung, Yogyakarta

Pantai Siung berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, atau sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menjangkau pantai ini dapat dilakukan dengan mengendarai motor atau kendaraan pribadi, sebab memang sulit untuk menemukan angkutan umum di pantai tersebut.

20

Tebing Pantai Siung [ Image Source ]

Di pantai ini, tebing-tebing yang menjulang di sekitar pantai membuat para pecinta panjat tebing seakan terhipnotis untuk mencobanya. Tebing-tebing ini rata-rata memiliki ketinggian 15 meter. Selain itu, di lokasi ini terdapat 45 jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, meski sebenarnya berpotensi untuk dibuka sampai 250 jalur pemanjatan.

5. Tebing Bukit Kelam, Kalimantan Barat

Bukit Kelam terletak di Kecamatan Kelam Permai, 20 km dari Kota Sintang, Kalimantan Barat atau sekitar 395 km dari Pontianak. Letak Bukit Kelam berada di antara dua sungai besar, yakni Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Bukit Kelam ditemukan pertama kali oleh Johannes Gottfried Hallier, seorang botanis Jerman, yang kala itu berburu hewan di bukit ini.

64718270

Tebing Bukit Kelam [ Image Source ]

Tebing Bukit Kelam tersusun dari batuan Andesit yang menjulang hingga ketinggian 900 meter dari permukaan laut dan memiliki tebing vertikal setinggi 600 meter. Dengan ketinggian ini, Bukit Kelam mempunyai spot yang bagus sebagai lokasi terbang layang dan panjat tebing. Saat ini, lokasi ini juga sudah direnovasi untuk dijadikan Pusat Perkemahan Pramuka.

6. Tebing Bambapuang, Sulawesi Selatan

Tebing Bambapuang merupakan tebing tertinggi di antara tebing-tebing yang ada di Sulawesi Selatan. Tebing Bambapuang terletak di Dusun Kotu, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggreraja, Kabupaten Enrekang atau sekitar 225 km dari Kota Makassar. Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan dari Kota Makassar.

Bambapuang

Tebing Bambapuang [ Image Source ]

Tebing Bambapuang tersusun dari bebatuan yang sangat rapuh karena hampir tiap musim kemarau terjadi kebakaran yang mengakibatkan permukaan tebing menjadi rapuh. Dalam sehari, batu rapuh yang jatuh tanpa dipanjat bisa mencapai lebih dari 8 batu sehingga lokasi ini sangat berbahaya ekaligus sangat menantang. Tak heran tebing yang memiliki ketinggian 350 meter ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pemanjat.

7. Tebing Carstensz Pyramid, Papua

Tebing Carstensz Pyramid terletak di pegunungan Jayawijaya, Papua dengan dinding yang tersusun dari batuan andesit yang terjal dengan ketinggian sekitar 600 meter. Medan yang tak mudah untuk Pengunungan Jayawijaya yang merupakan gunung tertinggi di Papua, membuat tak semua orang bisa menjajal tebing tersebut. Salah satu yang berhasil adalah Pat Morrow, seorang pendaki gunung di tujuh benua. Dalam bukunya, Beyond Everest, bahkan Pat Morrow menyebut Carstensz susah, Everest tidak.

IMG_0545

Tebing Carstensz Pyramid [ Image Source ]

Setiap pendaki yang akan menuju Carstensz Pyramid harus melakukan banyak persiapan lantaran Pegunungan Jayawijaya adalah salah satu dari Seven Summits dunia dan mendakinya bukan sembarang pendakian. Secara fisik dan mental, seorang pendaki harus siap 100 persen. Untuk memanjat tebingnya, seorang pendaki harus bisa memakai harness, tali penyambung dengan ascender, dan saat turun harus fasih menggunakan descender.

Nah, itu tadi 7 tebing yang menjadi surga bagi para pemanjat tebing Indonesia. Semakin menantang medan yang harus ditaklukkan, akan semakin diminati pula tebing tersebut bagi para pemanjat. Karena panjat tebing bukan hanya soal mencapai titik puncak, namun juga bagaimana adrenaline bisa berpacu dalam proses penaklukkan tersebut. Jadi, di puncak tebing mana kamu akan menginjakkan kaki?

No more articles