Pilpres dan pileg 2019 bakal di selenggarakan pada bulan april 2019 mendatang. Mendekati waktu waktu tersebut saat inipun indonesia sudah gaduh dengan berbagai persiapan pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif 2019 tersebut. kini para tokoh politik beserta partainya sedang sibuk bermanuver, melakukan pendekatan satu sama lain dalam mengajukan calon wakil presiden dan calon presidenya.

Ini 5 Tahapan Pilpres Dan Pileg 2019 Yang Penting Di Ketahui Bagi Pemilih Pemula

Ini 5 Tahapan Pilpres Dan Pileg 2019 Yang Penting Di Ketahui Bagi Pemilih Pemula Image [Source]

Jokowi beserta partai partai pengusungnya telah mengantongi satu nama cawapres, sedangkan prabowo bersama partai demokrat masih mengadakan rembukan. Agar tak salah fokus dan tidak salah pilih, ini 5 tahapan pilpres dan pileg yang perlu di ketahui oleh para pemilih pemula.

1. Tahapan Pemutakhiran Dan Penyusunan Data Pemilih.

Tahapan Pemutakhiran Dan Penyusunan Data Pemilih.

Tahapan Pemutakhiran Dan Penyusunan Data Pemilih.  Image [source]

Sebagai pemilih pemula, penting untuk memastikan bahwa kamu terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu presiden serta pileg pada april 2019 mendatang. Langkah untuk memastikan masuk sebagai daftar pemilih ini bisal kamu lakukan 17 desember sampai 18 maret 2019 mendatang. Siapkan dokumen dokumen yang di perlukan untuk bisa di daftar sebagai pemilik hak suara di TPS yang akan di dirikan di sekitar tempat tinggalmu. Biasanya ktp atau kk sudah cukup untuk memenuhi persyaratannya. Kalau kamu adalah warga yang baru tinggal di lingkungan mu, maka kamu perlu lapor pada RT atau kepala dusun setempat.

2. Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Di Luar Negeri.

Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Di Luar Negeri.

Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Di Luar Negeri. Image [source]

Tahapan yang satu ini penting bagi kamu kamu pemilih pemula yang sedang studi atau bekerja di luar negeri. Penyusunan daftar pemilih luar negeri akan dilakukan pada 17 April 2018 sampai 17 April 2019 mendatang. Untuk pemilih pemula, kamu bisa berisisiatif mendaftarkan dirimu sebagai pemilih di kantor perwakilan republik indonesia di negara tempat ia tinggal saat ini. jadi bagi kamu belum terdaftar, sejak sekarang bisa langsung daftar ya. Persyaratannya tentu saja membawa data diri seperti parport, ktp atau kk yang masih berlaku.

3. Tahapan Penetapan Dan Penataan Dapil

Tahapan Penetapan Dan Penataan Dapil

Tahapan Penetapan Dan Penataan Dapil Image [source]

Bagi pemilih pemula, wajib hukumnya untuk tahu tempat tinggalmu itu masuk daerah pemilihan yang mana. dengan mengetahui dapil ini, kamu bisa memiliki gambaran menyeluruh tentang siapa siapa saja sosok yang bersaing di daerah pemilihanmu tersebut. siapa yang paling punya banyak peran bagi kemajuan daerahmu dan siapa yang kira kira hanya pencitraan supaya terpilih jadi anggota legislatif.

4. Tahap Pencalonan Anggota Dpr, Dprd, Dpd, Serta Presidaen Dan Wakil Presiden.

Tahap Pencalonan Anggota Dpr, Dprd, Dpd, Serta Presidaen Dan Wakil Presiden

Tahap Pencalonan Anggota Dpr, Dprd, Dpd, Serta Presidaen Dan Wakil Presiden Image [source]

Tahapan pencalonan anggota dpr dari tingkat kabupaten hingga tingkat pusat ini juga penting untuk diikuti. Dengan mengikuti update informasi pada tahap pencalonan, kamu bisa sejak dini memantau siapa siapa saja tokoh yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif. usahakan mempelajari sosok serta visi misi mereka ya agar tidak pilih kucing dalam karung.

5. Tahapan Kampanye Pilpres Dan Pileg 2019

Tahapan Kampanye Pilpres Dan Pileg 2019

Tahapan Kampanye Pilpres Dan Pileg 2019 Image [source]

Tahapan kampanye pilpres dan pileg 2019 ini cukup penting untuk diikuti. Biasanya tahapan inilah yang paling meriah. Para capres, cawapres, serta caleg bakalan adu pesona berusaha menarik suara para pemilih untuk memilih mereka. pastinya bakal banyak tingkah baik palsu yang di peragakan baik oleh capres cawapres, maupun para caleg. Ikuti semua program program mereka ya. Tak jarang juga ada bentuk bentuk money politik di tahapan kampanye pilpres dan pileg ini. jangan sampai tertipu dengan aksi pencitraan para politisi ya. Kamu bisa memantau tahapan kampanye ini pada tanggal 23 september 2018 sampai 13 april 2019.

6. Tahapan Pemungutan Dan Penghitungan Suara.

Tahapan Pemungutan Dan Penghitungan Suara.

Tahapan Pemungutan Dan Penghitungan Suara. Image [source]

Tahapan paling penting bagi pemilih pemula tentu saja tahapan pemungutan suara ini yang akan diselenggarakan antara 8 april sampai 17 april 2019. Jangan sampai terlewat ya harinya. Datang ke tps setempat dan pilih sesuai hati nuranimu. Setelah memilih jangan lupa juga untuk ikut memantau proses perhitungan suara. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menekan kecurangan. Nasib indonesia di masa depan sebagian ada di pundakmu untuk memikulnya.

Semoga tak salah pilih dan sukses ya di pengalaman pemilu pilpres dan pileg pertama dalam hidupmu ini. yang cermat mempertimbangkan pilihannya. Salah pilih bisa berakibat kamu mengalami kesusahan dalam 5 tahun kedepan. Susah dapat kerja dan susah pula ketika mau menembak gebetan.

No more articles