Selama ini bali dikenal dengan tempat wisata oantainya. Ada pantai kuta, ada pantai nusa dua dan masih banyak lagi. Selain pantai objek wisata pantai, ternyata bali punya onjek wisata jenis lain lho. Ada wisata budaya dan ada pula wisata alam. Masyarakat bali dikenal sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi tradisi. Mereka dekat dan menghargai alam sekitar. Tak jarang hewan atau hutan pun dianggap sesuatu yang suci sehingga harus dijaga kesakralannya.

Mengenal Tempat Wisata Monkey Forest Di Ubud Bali Yang Setiap Hari Dikunjungi 4 Ribuan Orang Lebih.

Mengenal Tempat Wisata Monkey Forest Di Ubud Bali Yang Setiap Hari Dikunjungi 4 Ribuan Orang Lebih. Image [source]

Salah satu tempat wisata anti mainstream di bali yang bukan berupa pantai adalah monkey forest yang ada di ubud. Sesuai namanya yaitu monkey forest, maka tempat wisata ini berupa hutan yang banyak monyetnya. Yang membuat kagum, tempat wisata monkey forest ini dikunjungi 4 ribu wisatawan lebih setiap harinya. Padahal harga tiketnya juga lumayan mahal. Apa saja sih keunggulan dari tempat wisata monkey forest ubud bali sehingga pengunjungnya bejibun meski tiket relatif mahal? Berikut ini ulasannya.

1. Tempat Wisata Monkey Forest Ada Di Desa Padangtegal.

Tempat Wisata Monkey Forest Ada Di Desa Padangtegal.

Tempat Wisata Monkey Forest Ada Di Desa Padangtegal. Image [source]

Monkey forest ini merupakan tempat wisata yang luasnya mencapai 12 hektar. Di dalamnya ada komunitas monyet yang berjumlah 700 an lebih. Hidup bersama 180 an jenis tumbuh tumbuhan, warga sekitar yang tinggal di desa padangtegal menganggap monyet monyet ini sebagai sesuatu yang suci. Hutan yang di pakai untuk tinggal monyet monyet ini jadi pusat sesuatu yang dilindungi di desa padang tegal tersebut. Keberadaan hutan, tanaman serta monyet monyetnya mempunyai arti penting bagi para warga desa dari segi spritual, ekonomi, serta untuk kepentingan pendidikan.

2. Tiket Masuk Wisata Monkey Forest Ubud Bali.

Tiket Masuk Wisata Monkey Forest Ubud Bali.

Tiket Masuk Wisata Monkey Forest Ubud Bali. Image [source]

Tempat wisata monkey forest ini di miliki dan di kelola oleh warga desa sekitar. Untuk masuk kesini orang dewasa harus membayar tiket masuk dengan harga rp 50 ribu. Sementara untuk anak anak dikenakan biaya masuk sebesar 40 ribu. Bayar segini dengan mendapatkan kesempatan berinteraksi dengan monyet monyet, di dalam hutan yang dianggap suci oleh warga sekitar tentu tidak masalah bukan. Selain hawa sejuk dan pemandangan hijau, kita juga bisa lihat tingkah polah monyet monyet tersebut saat berinteraksi dengan pengunjung.

3. Ada Area Area Yang Tidak Semua Orang Boleh Masuk.

Ada Area Area Yang Tidak Semua Orang Boleh Masuk.

Ada Area Area Yang Tidak Semua Orang Boleh Masuk. Image [source]

http://static.asiawebdirect.com/m/bangkok/portals/bali-indonesia-com/homepage/ubud/ubud-monkey-forest/allparagraphs/bucketcomponent/listingcontainer/201/bucketlist/011/image2/ubud-monkey-forest-balinese-temple.jpg

Karena termasuk tempat yang suci dan sakral, maka ada beberapa lokasi di hutan yang tidak boleh dimasuki oleh sembarangan orang. Misalnya di wilayah pura yang ada di dalam hutan ini. Yang boleh masuk hanyalah mereka mereka yang mau sembahyang dan memakai pakaian adat bali. Kamu kamu yang pakai pakaian pelancong sebaiknya tidak ikut masuk masuk pura ini untuk menghormati tradisi mereka.

4. Agenda Serta Ritual Adat Yang Bisa Dinikmati Oleh Para Wisatawan.

Agenda Serta Ritual Adat Yang Bisa Dinikmati Oleh Para Wisatawan.

Agenda Serta Ritual Adat Yang Bisa Dinikmati Oleh Para Wisatawan. Image [source]

Para turis yang datang ke monkey forest in ada yang tertarik karena wisata alamnya, namun ada juga yang tertarik dengan ritual tradisi upacara adat yang digelar. Minimal ada 2 agenda upacara adat yang ada di tempat wisata monkey forest ini. Salah satu tradisi tersebut adalah upacara adat ngebejiang. Upacara adat ini dilakukan di pura yang ada di dalam hutan tersebut. Tujuan dari upacara adat ini adalah untuk memperingati berdirinya kuil puradesa dan kuil puseh padangtel. Kedua pura ini di peruntukkan untuk dewa brahma dan dewa wisnu. Turis yang bisa masuk saat prosesi upacara adat ini tentu beruntung. Upacara adat kedua adalah ngelawang. Upacara adat ini diselenggarakan berbarengan dengan dengan perayaan galungan dan kuningan. Ngelawang merupakan bentuk rasa syukur karena darma mengalahkan adarma dalam kehidupan.

5. Larangan Serta Himbauan Saat Berkunjung Ke Tempat Wisata Monkey Forest Ini.

Memasuki tempat wisata yang dianggap suci tentu tidak boleh sembarangan perilaku yang kita tampilkan. Ada beberapa larangan serta anjuran yang harus dipatuhi. Selain sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat suci, aturan tersebut juga untuk menjamin keselamatan kita. Misalnya saka, kalau membawa tas atau banyak barang sebaiknya di titipkan terlebih dahulu.

Larangan Serta Himbauan Saat Berkunjung Ke Tempat Wisata Monkey Forest Ini.

Larangan Serta Himbauan Saat Berkunjung Ke Tempat Wisata Monkey Forest Ini. Image [source]

itu untuk menjaga agar tidak di ambil monyetnya. Kera kera biasanya akan mendekat ke orang atau barang yang ada makanan seperti pisang. Ketika berniat memberi pisang kepada monyet setelah mengulurkan tangan jangan pernah di tarik lagi. Cukup ulurkan dan lepaskan ketika si monyet sudah mengambil. Tujuannya agar dia tidak menyerang kamu. Pengunjung juga dilarang memberi makanan makanan yang aneh bagi kera agar kesehatan kera kera tersebut tidak terganggu

6. Desa Adat Padangtegal Sebagai Pengelola Monkey Forest Mendapatkan Kalpataru.

Desa Adat Padangtegal Sebagai Pengelola Monkey Forest Mendapatkan Kalpataru.

Desa Adat Padangtegal Sebagai Pengelola Monkey Forest Mendapatkan Kalpataru. Image [source]

Mengelola tempat wisata dan menjaga kelestarian hutan, warga desa padangtegal ini memperoleh pemasukan yang cukup lumayan. Dalam sehari ada 225 jutaan pemasukan. Karena ikut menjaga kelestarian hutan, mereka juga mendapatkan kalpataru. Tak hanya itu,sebagian pemasukan juga di pakai untuk membiayai pusat pengolahan kompos. Sampah berkurang, desa padangtegal pun makin asri dan ramah lingkungan.

No more articles