Hidup di jaman modern membuat banyak bergantung dengan uang. Orang orang tua jaman dahulu enggak pegang uang sehari atau dua hari mungkin masih tidak masalah. Mereka masih bisa makan dengan mengambil apa yang ada di sekitar mereka. lauk tinggal menangkap ikan, sayur tinggal memetik dari kebuh dan beras tinggal panen dari ladang. Namun di jaman sekarang, kebun tidak punya dan sungai pun sudah jarang ikannya.

6 Tips Berhemat Untuk Kamu Yang Gaji Bulanannya Paspasan.

6 Tips Berhemat Untuk Kamu Yang Gaji Bulanannya Paspasan. Image [source]

Karena segala hal banyak yang tergantung pada uang tersebut, mau tak mau orang orang sekarang harus pandai dalam mengelola uang. Selain mereka yang gajinya melimpah ruah ada juga yang tiap bulan hidup dengan gaji paspasan. Kalau kamu adalah salkah satu yang hidup dengan gaji pas pasan ini, tak perlu malu kok. Kamu tidak sendirian. Agar bisa lolos dari kondisi seperti ini berikut ada 6 tips berhemat yang direkomendasikan oleh para ahli konsultan keuangan. Mau tau apa saja tips berhemat yang sudah terbukti jitu tersebut? berikut ini daftarnya.

1. Selalu Usahakan Untuk Menyisihkan Uang Meski Sebulan 10 Ribu.

Selalu Usahakan Untuk Menyisihkan Uang Meski Sebulan 10 Ribu.

Selalu Usahakan Untuk Menyisihkan Uang Meski Sebulan 10 Ribu. Image [source]

Meskipun hanya bisa menyisihkan uang 10 ribu sebulan, kalau genap 10 tahun maka akan terkumpul juga uang satu juta. Intinya bukan pada jumlah uang yang kamu tabung, tapi lebih kepada kesadaranmu untuk menyisihkan uang buat kepentingan kepentingan mendesak yang datangnya tidak bisa di kira kira.

2. Jangan Malu Untuk Pasang Tarif Pada Orang Yang Butuh Bakatmu.

Jangan Malu Untuk Pasang Tarif Pada Orang Yang Butuh Bakatmu.

Jangan Malu Untuk Pasang Tarif Pada Orang Yang Butuh Bakatmu. Image [source]

Di jaman modern ini banyak pilihan untuk menghasilkan duit dari bakat. Misalnya kalau kamu punya bakat di bidang edit foto, buka saja jasa edit foto sederhana tapi hasilnya keren di media sosial. pasang tarifnya enggak perlu mahal mahal seperti editor pro. Cikup 10 sampai 50 ribu saja untuk biaya sekali edit, pasti peminatnya bejibun. Kalau kamu punya bakat melukis, tawarkan saja jasa lukis wajah kepada orang orang. sedikit banyak asal karyamu konsisten pasti juga jadi duit. Kalau punya bakat nyanyi, coba saja ikuti kontes karaoke di smule yang berhadiah. Menang hadiah pulsa untuk sebulan, lumayanlah.

3. Unfollow Akun Akun Sosial Media Yang Suka Menawari Barang Barang Menarik Enggak Penting.

Unfollow Akun Akun Sosial Media Yang Suka Menawari Barang Barang Menarik Enggak Penting.

Unfollow Akun Akun Sosial Media Yang Suka Menawari Barang Barang Menarik Enggak Penting. Image [source]

Kalau gamu cowok, pasti sering kesengsem dengan aksesoris gadget atau komputer. Nah kalau cewek biasanya suka ngiler sama baju dan aksesoris make up. Di media sosial banyak sekali akun akun yang menawarkan barang barang yang sebetulnya tidak benar benar kamu butuhkan ersebut. Tapi karena terlanjur lihat penawaran menariknya, kamu jadi khilaf dan lupa kalau jatah bulan ini buat belanja sudah pas pasan. Dan akhirnya penderitaan pun datang di akhir bulan. Agar tak sering khilaf akibat membaca iklan iklan jualan tersebut, enggak salahnya mengunfolow mereka. enggak usah di unfriend, kalau kamu takut mereka tersinggung, sukup di unfolow saja.

4. Sebisa Mungkin Jangan Ngutang.

Sebisa Mungkin Jangan Ngutang.

Sebisa Mungkin Jangan Ngutang. Image [source]

Di media sosial, pembahasan tentang utang cukup seru. Ada yang mengkaitkannya dengan riba dan ada yang tidak berkeberatan dengan utang di bank. Terlepas dari kamu pro atau kontra, utang memang kadang menjerumuskan. Kalau kamu lancar bayar utangnya, seringkali kamu digoda untuk mengambil pinjaman yang lebih besar. Begitupun kalau seret mencicilnya barang jaminanmu bakal disita. Karena banyak menjerumuskan ini, sebaiknya kalau tidak pandai banget mengelola utang sebaiknya enggak usah berhutang. Mendingan berusaha belajar cukup dengan uang yang kamu miliki setiap bulan sambil menemukan cara menambah pemasukan.

5. Tidak Perlu Merasa Enggak Enak Ketika Menolak Permintaan Teman Yang Pinjam Uang.

Tidak Perlu Merasa Enggak Enak Ketika Menolak Permintaan Teman Yang Pinjam Uang.

Tidak Perlu Merasa Enggak Enak Ketika Menolak Permintaan Teman Yang Pinjam Uang. Image [source]

Apa yang ada di dalam kadang terlihat beda kalau dari luar. Begitu juga dengan kehidupan kamu. Dari luar bisa jadi teman temanmu memandang kamu itu sebagai sosok orang yang banyak uang dan punya harta yang berlebih lebih. Padahal, kenyataannya, dompet selalu kempes di tengah bulan. Itu bisa terjadi terutama kalau kamu sering foto selfie di medsos dengan barang mewah pinjaman. Tak jarang karena kamu terlihat kaya ini teman temanmu yang lagi kesusahan meminjam uang kepadamu. Karena merasa tidak enak, kamu pun memberikan. Tapi giliran kamu butuh diakhir bulan, nagihnya susah. Janji mengembalikan selalu molor. Keadaan seperti ini bisa membuat keuangan mu makin susah. Oleh karena itu, kalau lagi pas pasan, menolak permintaan teman yang mau pinjam uang itu tidak apa apa. tapi kalau kamu punya, sebaiknya ya di pinjami.

6. Coba Kurang Pengeluaran Pengeluaran Yang Masih Bisa Di Pangkas.

Coba Kurang Pengeluaran Pengeluaran Yang Masih Bisa Di Pangkas.

Coba Kurang Pengeluaran Pengeluaran Yang Masih Bisa Di Pangkas. Image [source]

Cara berhemat terakhir, coba kurangi pengeluaran pengeluaran teap yang masih bisa di negosiasikan. Misalnya saja, kalau kamu sekarang sewa kos di kawasan elit, enggak ada salahnya pindah ke rumah yang lebih sederhana dengan biaya sewa yang lebih murah. Contoh lainnya, kalau setiap hari makanmu lauk rendang ukuran jumbo, coba sekali kalai pakai sambal teri. Kalau setiap hari beli bensinya yang pertamak, pindah ke pertalite atau premium mungkin sebenarnya tidak begitu masalah. Dengan mengurabgi berbagai pengeluaran tetap ini, bisa jadi uang yang tersisa tiba tiba jadi longgar untuk kebutuhan lain.

No more articles