Mendaki gunung itu memang sesuatu yang seru dan menyenangkan, tapi nggak semua orang berani melakukannya. Beberapa alasannya mulai dari medan yang berat, menguras tenaga, serta mengkhawatirkan faktor keamanan.

Sebeneranya asal persiapannya benar dan kamu tetap waspada, perjalanan mendaki gunung bisa tetap aman dan menyenangkan, kok. Karena itu, yuk intip tipsnya berikut ini terlebih dulu.

1. Pelajari dulu lokasi pendakian

Sebelum berangkat mendaki, kamu harus tahu dulu bagaimana lokasinya dan kondisi jalur yang akan kamu daki. Kamu bisa memeriksanya lewat internet atau bertanya pada teman yang sudah biasa mendaki ke tempat tersebut.

Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Dengan informasi yang cukup, nantinya kamu bisa menyiapkan diri dengan lebih baik untuk pendakian tersebut. Perhatikan juga ketinggian dan kecuraman gunung tersebut, serta jangan sampai memaksakan diri. Jika kamu memang merasa nggak sanggup lagi, jangan memaksa untuk melanjutkan perjalanan.

2. Olahraga rutin sebulan sebelum mendaki

Minimal sebulan sebelum mendaki, kamu sudah harus melakupan persiapan fisik dengan berolahraga secara rutin. Kamu akan membutuhkan stamina yang kuat untuk bisa mendaki gunung. Ada beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan seperti bersepeda di jalan menanjak, lari di jalan menanjak, atau lari naik turun bukit.

Olahraga

Olahraga

Selain latihan fisik, kamu juga perlu menjaga pola makananmu. Perbanyaklah makanan yang bergizi dan minum air mineral. Untuk para perokok, ada baiknya untuk mulai mengurangi konsumsi rokokmu dan mulailah pola hidup sehat agar kamu bisa lebih kuat mendaki nantinya.

3. Bawa perlengkapan yang efektif

Pastikan untuk membawa barang yang benar-benar penting saja saat mendaki gunung. Bawaan yang terlalu berat justru akan membebani perjalananmu sehingga kamu jadi cepat lelah. Jadi, kamu harus pintar-pintar memilah barang mana yang harus dibawa dan tinggalkan yang nggak perlu.

Tas hiking

Tas hiking

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan tidur yang lengkap seperti tenda dan sleeping bag untuk melindungi tubuhmu dari hawa dingin. Bawa juga jaket berbahan katun atau wol dan hindari pakaian berbahan jeans karena bahan seperti ini membutuhkan waktu lama untuk kering saat basah.

4. Mendapatkan izin dan melapor ke pos pendakian

Sebelum berangkat, kamu juga perlu memberitahukan keluarga dan orang terdekat tentang rencana pendakian serta gunung yang akan dituju. Sehingga jika nantinya terjadi apa-apa, kelurga bisa segera menghubungi pihak berwajib untuk melakukan pencarian.

Mendaki

Mendaki

Jangan lupa juga untuk melapor ke pos pendakian dan meminta ijin dulu. Siapkan juga identitas diri untuk perijinan ketika akan mendaki. Semua ini penting agar kamu tahu apakah kondisi gunung benar-benar aman untuk didaki.

5. Jangan lupa berdoa dan tetap sopan

Mendaki gunung itu juga memiliki aturan-aturannya tersendiri. Jangan sampai asal mendaki tanpa memikirkan keselamatan diri dan menyepelekan aturan. Terkadang beberapa aturan yang diberikan terdengar seperti mitos belaka, tapi aturan tersebut dibuat bukan tanpa alasan.

Kemah di Gunung

Kemah di Gunung

Melanggar aturan tersebut bisa berakibat pada petaka. Karena itulah, segala pantangan yang ada saat mendaki gunung harus benar-benar kamu perhatikan dengan saksama.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar perjalananmu mendaki gunung jadi lebih aman. Akan lebih baik lagi jika kamu ditemani dengan pemandu atau pendaki gunung berpengalaman.

Selamat mendaki!

No more articles