Banyak orang berfikir jika seorang introvert adalah orang yang pemalu. Jika kamu adalah seorang introvert, maka akan lebih mudah untuk melakukan dan menemukan jati diri dan juga mood untuk melakukan segala sesuatu hal ketika kamu seorang diri. Introvert merupakan salah satu sifat seorang yang cenderung berorientasi pada diri sendiri. Lebih suka memikirkan dan memandang segala sesuatu dengan pikirannya sendiri. Orang yang memiliki sifat ini akan mendapatkan sedikit tantangan ketika kamu harus berinteraksi dengan orang lain.

Hampir bisa dipastikan jika kamu bertemu dengan orang baru maka kamu tidak langsung berbicara luwes dan langsung nyambung dalam obrolan tersebut. Jika kamu termasuk dalam golongan yang memiliki sifat seperti ini, maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bisa langsung akrab di lingkungan barumu. Seperti apa, simak ulasannya..

1. Tersenyum dan Sapalah Orang Lain Sebelum Memulai Percakapan

Tersenyum merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi stress dan menambah teman. Tersenyum juga mempunyai manfaat yaitu meningkatkan mood seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Senyum bisa menjadi modal utama untuk bisa mendapatkan perhatian dari seseorang. Sebuah keramahan alami untuk memikat ketertarikan orang lain. Kamu tentu pernah mendengar salah satu temanmu yang mengatakan jatuh cinta pada pandangan pertama, ya pandangan yang pertama kali dilihat adalah senyuman.

tersenyum [image source]

tersenyum [image source]

Kamu bisa menggunakan senyum ramahmu untuk menyapa dan mengajak orang lain yang tidak kamu kenal. Dengan seperti itu, dia akan melihatmu sebagai orang yang ramah dan mudah tersenyum. Mengajak berbicara dengan orang yang baru kamu kenal harus memperhatikan secara penuh sebagai salah satu penghargaan. Jangan lupa untuk tidak mengalihkan bola matamu saat berbicara dengannya.

2. Carilah Kesamaan dengan Lawan yang Kamu Ajak Bicara

Seseorang bisa menjalin hubungan akrab dengan seseorang biasanya dilandasi dengan kesamaan. Tidak ada salahnya mencari kesamaan dengan orang yang baru kamu kenal saat berbincang dengannya. Berbicara mengenai hobi dan minat bisa menjadi jembatan untuk mengobrol dengannya agar lebih akrab.

carilah kesamaan [image source]

carilah kesamaan [image source]

Kamu bisa mencari persamaan dengan mencari tahu tujuan hidup, cita-cita, apa yang dia inginkan atau bahkan nasib. Ini bisa menjadi perekat hubungan kalian ke depannya. Jangan memulai percakapan mengenai keluarga atau hal sensitif lainnya jika dia belum mulai membicarakannya.

3. Jangan Menunjukkan Sikap Kamu Tahu Segalanya

jangan menunjukkan sikap sok tahu [image source]

jangan menunjukkan sikap sok tahu [image source]

Bersikap seolah kamu tahu segalanya bisa mempengaruhi lawan bicaramu untuk berpikiran buruk terhadapmu. Kamu akan di kira meremehkannya walaupun maksudmu tidak seperti itu. Walaupun kamu tahu tentang apa yang kalian bicarakan, ada baiknya untuk kamu tidak mematahkan opininya. Biarkan dia merasa dihargai sebagai seorang yang sedang berbicara.

4. Jangan Menghakimi Keadaan

jangan menghakimi [image source]

jangan menghakimi [image source]

Ketika sedang berbicara dengan lawan bicaramu, dan dia meminta pendapat serta saranmu, berikanlah masukan yang netral. Jangan memberikan jawaban yang seolah-olah dia salah dalam masalahnya. Cobalah untuk memecahkan masalahnya melalui sudut pandang yang berbeda. Netrallah dalam memberikan solusi, jangan malah memojokkan dan menyalahkan dia.

5. Ucapkan Salam Perpisahan dengan Baik

ucapkan salam perpisahaan [image source]

ucapkan salam perpisahaan [image source]

Benar kata pepatah. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Jika percakapanmu sudah mulai di akhir kesempatan, jangan lupa ucapkan terima kasih karena sudah berbincang denganmu dan bertukar cerita dan lain sebagainya.

Jika kamu seorang yang introvert, lakukan beberapa hal tadi dalam kehidupanmu. Intinya adalah untuk belajar menghargai orang lain. Jangan acuh terhadap orang yang kamu temui dan kamu ajak berbicara. Perbanyaklah temanmu walaupun kamu selalu mengandalkan dirimu sendiri dengan seolah-olah tidak butuh siapapun. Karena sifat manusia memang pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri,

Well itulah tadi beberapa hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa gampang bersosisalisasi dengan orang yang baru kamu kenal. Percaya diri adalah modal utamamu. Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

No more articles