Marhaban yaa Ramadhan, tak terasa bulan suci Ramadhan akan segera datang. Setiap tahunnya , umat Islam memiliki banyak cara unik untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah ini. Di Indonesia yang dimana masyarakatnya mayoritas Muslim selalu mengadakan acara unik ini yang digelar di berbagai daerah.

Seperti semboyan negara kita yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu, cara unik yang mereka lakukan memang berbeda-beda namun semangatnya tetap sama yaitu merupakan bentuk rasa syukur serta kegembiraan umat Muslim akan datangnya lagi bulan puasa ini. Berikut ini tradisi yang dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan.

1. Nyadrah

Nyadrah merupakan tradisi menyambut bulan Ramadhan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nyadrah atau biasa disebut ziarah kubur ini adalah untuk berkunjung ke makam keluarga sambil mendoakan mereka yang sudah meninggal. Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin sesepuh dusun setempat.

Nyadrah [ Image Source ]

Nyadrah [ Image Source ]

Dalam doa itu mereka sama-sama memanjatkan doa untuk keluarga yang sudah meninggal. Sesuai berdoa, semua warga lantas menggelar genduren atau makan bersama disepanjang jalan yang telah digelari tikar dan daun pisang.

2. Jalur Pacu

Masyarakat Riau, khususnya di kabupaten Kuantan Singingi memiliki tradisi unik untuk menyambut bulan Ramadhan. Mereka mengadakan lomba mendayung yang dikenal dengan sebutan “Jalur Pacu”.

jalur pacu [ Iamge Source ]

jalur pacu [ Iamge Source ]

Lomba ini digelar di sungai-sungai di Riau dengan menggunakan perahu tradisional. Satu perahu sama dengan satu kelompok dan terdiri dari banyak peserta. Setiap kelompok harus bekerja sama mendayung perahu agar bisa sampai ke garis finish lebih dulu.

3. Balimau

Balimau atau dalam Bahasa Indonesia berarti berlimau. Balimau merupakan tradisi unik yang biasa digelar oleh orang Minang menjelang Ramadhan. Tradisi ini yakni membersihkan diri dengan cara berendam, atau mandi bersama-sama di sungai atau di tempat pemandian.

Balimau [ Image Source ]

Balimau [ Image Source ]

Biasanya dilakukan dari mulai matahari terbit hingga terbenamnya matahari. Balimau ini berarti melakukan pembersihan diri secara lahir dan batin, agar seseorang siap menjalankan ibadah puasa.

4. Mungguhan

Semua orang berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian khas Ramadhan kemudian mempersiapkan diri masing-masing dalam menghadapi bulan Ramadhan yang akan datang. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh hampir semua golongan masyarakat walapun dengan cara yang berbeda-beda.

mungguhan [ Image Source ]

mungguhan [ Image Source ]

5. Nyorog

Nyorog merupakan tradisi dari Betawi yaitu membagi-bagikan bingkisan makanan kepada anggota keluarga yang lebih tua. Ini merupakan sebuah kebiasaan yang sejak lama dilakukan sebelum datangnya bulan Ramadhan. Bingkisan tersebut biasanya berisikan bahan makanan dan minuman mentah. Tradisi Nyorog asal Betawi ini memiliki makna sebagai tanda saling mengingatkan bahwa bulan suci Ramadha akan segera datang. Selain itu juga bisa diartikan sebagai pengikat tali silaturahmi sesama sanak keluarga.

Nyorog [ Image Source ]Nyorog [ Image Source ]

Nyorog [ Image Source ]

Setiap kota dan daerah mempunyai tradisinya sendiri-sendiri. Mungkin bagi sebagian umat Muslim tidak melakukan beberapa tradisi ini karena ini merupakan adat yang tidak ada di dalam kitab suci. Tapi ada baiknya jika kita menghormati orang yang sedang melakukan tradisi-tradisi unik ini.

Oke guys, itu tadi beberapa contoh tradisi unik yang dimilik bangsa Indonesia. Lagi-lagi keunikan Indonesia bertambah ya. Oiya sebelum melakukan tradisi itu untuk menyambut bulan puasa, ada baiknya jika menyambutnya adalah dengan membayar hutang puasa bagi yang masih memiliki hutang. Semoga bermanfaat..

No more articles