Wisata Bangka Belitung punya pesona yang luar biasa cantiknya terutama pada wisata baharinya. Provinsi ini merupakan kawasan kepulauan dengan 470 buah pulau, namun hanya 50 pulau saja yang sudah berpenghuni. Karena berbentuk kepulauan, jangan ditanya pesona wisata bahari yang disuguhkan. Kamu bakal berdecak kagum dibuatnya.

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Bangka Belitung mulai dari snorkeling, memancing, berlayar, atau sekadar bersantai di tepian pantai. Kalau kamu liburan ke sini, pastikan untuk nggak lupa mampir ke beberapa tempat paling cantik ini.

1. Tanjung Tinggi

Tanjung Tinggi merupakan pantai di Belitung yang paling cantik dan terkenal. Pantai ini dulu pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini punya lansekap yang unik dengan bebatuan granit di sekitarnya. Dihiasi dengan pasir putih dan air laut berwarna kebiruan, tempat ini menawarkan keindahan yng begitu mempesona.

Pantai Tanjung Tinggi [via flickr account: Rachmad Kurniadi]

Pantai Tanjung Tinggi [via flickr account: Rachmad Kurniadi]

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berenang, berjemur, snorkeling, atau menjelajah perairannya dengan kano. Di sinilah tempat kamu bisa bersantai dan menikmati cantiknya lautan dan panoramanya yang begit menakjubkan.

2. Pulau Lengkuas

Salah satu tempat lain yang nggak boleh terlewatkan di Bangka Belitung adalah Pulau Lengkuas. Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar kuno peninggalan Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1882. Selain ini, di sini kamu juga akan menyaksikan pesona hamparan lautan biru cantik dengan batu-batu granit di sekitarnya.

Pulau Lengkuas [via flickr account: djempol]

Pulau Lengkuas [via flickr account: djempol]

Luasnya memang cuma 1 hektar, tapi di sini terdapat panorama laut yang sungguh cantik memikat dengan mercusuar kuno setinggi 50 meter. Kamu bisa mencoba menaiki mercusuar ini dan melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Dengan lautnya yang biru jernih dan pasir putih serta hasn batu granit di sekitarnya, pulau cantik ini menjadi salah satu primadona wisata Bangka Belitung.

3. Danau Kaolin

Danau Kaolin di Bangka Belitung memiliki daratan luas berwarna putih bersih dengan air yang berwarna biru terang menyala. Danau cantik ini sebenarnya terbentuk dari sisa tambang kaolin yang telah ditinggalkan. Setelah sekian lama dan campur tangan alam, maka terbentuklah danau dengan air berwarna biru terang yang mempesona ini.

Danau Kaolin [via instagram account: aryaboga]

Danau Kaolin [via instagram account: aryaboga]

Kalau kamu termasuk seseorang dengan hobi fotografi, tempat ini akan menjadi objek foto yang sempurna untukmu. Perpaduan antara warna putih bersih daratan dengan biru cerah perairan di danau ini akan menghasilkan warna yang begitu cantik dan menakjubkan.

4. Gunung Menumbing

Gunung Menumbing yang terletak di ketinggian 355 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini ada sebuah wisma yang dulunya pernah menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta pada tahun 1948-1949 oleh Belanda. Ada sebuah rumah khusus tempat dua pemimpin Indonesia tersebut diasingkan yang masih terawat hingga saat ini.

Gunung Menumbing [via instagram account: ratripermata]

Gunung Menumbing [via instagram account: ratripermata]

Butuh waktu 15 menit untuk bisa mencapai ke puncaknya. Di sisi-sisi jalan, kamu akan melihat batu-batu besar dengan bentuk yang unik sampai ke atas. Karena berada di dataran tinggi, tempat ini terasa cukup dingin. Sedangkan lokasi wismanya sendiri cukup terpencil di dalam hutan dengan akses ke dunia luar yang masih terbatas. Tapi, kamu akan melihat panorama hijau menakjubkan dari atas sini.

5. Pantai Penyusuk

Tempat lain dengan panorama indah di Bangka Belitung adalah Pantai Penyusuk. Sama seperti kebanyakan pantai lainnya di Bangka Belitung, di sini terdapat banyak tumpukan batu granit yang membentuk sebuah ceruk. Di sini juga tumbuh berderet-deret pepohonan hijau di sekitar pesisir pantai yang menambah kecantikan panoramanya dan membuat udara terasa lebih segar.

Pantai Penyusuk [via instagram account: lieucile]

Pantai Penyusuk [via instagram account: lieucile]

Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga cocok sekali untuk berenang atau sekadar bermain-main air di sana. Kamu juga bisa menjelajah pulau-pulau di sekitar pantai ini dengan menyewa perahu nelayan.

Bangka Belitung masih memiliki banyak tempat wisata lain dengan pesona bahari yang menakjubkan. Sebuah tempat sempurna untuk kamu yang ingin merasakan wisata pantai dengan panorama yang eksotis dan menakjubkan.

No more articles