Indonesia adalah negara maritim yang dikelilingi oleh lautan, maka sudah pasti memiliki ribuan wisata pantai yang begitu indah. negeri ini juga menjadi tempatnya anak-anak pantai lho. Mungkin kamu adalah salah satunya. Nah jika kamu tinggal di Lampung, dan mengaku sebagai anak pantai, pasti tahu dong dengan beberapa wisata bahari berikut ini.

Keindahannya sudah terkenal kok, dan kamu juga pasti bangga dengan keindahannya kan? Ada di mana saja sih, lokasi wisata laut yang pas banget dijadikan tempat liburan saat lebaran? Berikut ini ulasannya

1. Pantai Pasir Putih Lampung

Karena berada di ujung Pulau Sumatera, maka Lampung memiliki banyak sekali pantai yang bisa dijelajahi. Kamu bisa mulai dari Pantai Pasir putih. Pesonanya begitu elok dan cantik, sesuai namanya kamu akan menemukan hamparan pasir pantai yang berwarna putih, begitu kontras dengan hijaunya lautan dan rimbunnya pepohonan di pinggir pantai.  Lokasinya cukup dekat dengan pusat Kota Bandar Lampung, karena hanya berjarak sekitar 20 kilometer saja.

Pasir Putih [image source]

Pasir Putih [image source]

Letaknya tepat berada di Desa Tarahan, Lampung Selatan. Kamu bisa pergi ke sana dengan melakukan perjalanan darat selama 30 menit. Saat hari libur, pantai ramai didatangi para pengunjung. Wajar karena nama Pantai pasir putih sudah sangat terkenal di seantero Lampung bahkan juga ke luar daerah. Semilir angin pantai benar-benar bisa kamu nikmati, apalagi setelah memandang ke arah laut yang terlihat begitu luas. Hati akan terasa tentram dan nyaman

2. Kepulauan Krakatau

Anak pantai memang dekat dengan laut, jika kamu mengaku seperti itu, pasti tahu dengan keindahan alam di gugusan kepulauan Krakatau. Saat ini kawasan tersebut menjadi cagar alam yang dilindungi, namun tetap bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Di kepulauan tempatnya gunung yang pernah meletus dengan dahsyat tahun 1883 tersebut, ada pulau-pulau yang indah. Mulai dari Rakata atau Krakatau Besar, Panjang atau Krakatau Kecil, Sertung, dan Anak Krakatau.

Krakatau [image source]

Krakatau [image source]

Kepulauan Krakatau sendiri secara administratif berada di wilayah Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, provinsi Lampung. Saat menginjaka kaki di pulau-pulaunya, kamu akan merasa seperti sedang berada di padang pasir yang  lusa. Selain itu ada juga pemandangan berupa asap yang mengepul dari kawah gunung berapi di sana. Gunung tersebut lebih terkenal dengan nama Anak Krakatau. Begitu juga dengan panorama bawah lautnya yang begitu mempesona karena ada lebih dari 50 spesies ikan dan terumbu karang.

3. Pantai Tanjung Setia

Pantai ini tergolong ada di lokasi yang terpencil, itulah mengapa kondisinya masih sangat alami. Kamu akan merasa seperti menemukan surga tersembunyi di pinggir Taman Nasional Bukit Barisan Selatan karena memang Pantai yang dinamai Tanjung Setia itu memiliki panorama laut yang cantik sekali. Kamu harus tahu jika ombak di pantai yang lokasinya berjarak 273 km dari Kota Bandar Lampung tersebut sudah sampai ke telinga para peselancar dunia.

Tanjung Setia [image source]

Tanjung Setia [image source]

Ombak di sana digadang-gadang jadi salah satu yang terbaik di dunia.
Bahkan ada yang menyebut jika kecantikan Tanjung Setia sama kerennya dengan yang ada di Hawaii. Selain selancar, kamu juga bisa menikmati wisata  lain seperti menyelam dan olahraga air. Untuk sampai di Tanjung Setia, kamu harus menempuh perjalanan selama 6 hingga 7 jam dari Kota menuju Desa Tanjung Setia Kabupaten Lampung Barat. Waktu yang tepat untuk datang ke Tanjung Setia dan menikmati ombaknya adalah antara Juni hingga Agustus, sehingga saat liburan lebaran kali ini adalah waktu yang paling pas untuk jadi anak pantai sejati.

4. Pantai Walur

Masih di Lampung Barat, selain Pantai Tanjung Setia, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Walur. Kecantikan pasir dan air lautnya juga bisa diunggulkan.  Di tempat tersebut kamu bisa bersantai dengan keluarga menikmati libur lebaran yang istimewa, rasakan pasir putih di laut dan terpaan angin yang membawa aroma amis yang khas sekali.

Pantai Walur [image source]

Pantai Walur [image source]

Puas dengan keindahan pantai dan rerumputan hijaunya, kamu bisa menikmati suguhan menara mercusuar yang masih aktif hingga saat ini. Yang selain pasir putih dan ombak laut, kamu juga bisa bersantai di ladang rumput luas diselingi oleh pohon kelapa yang tinggi dan rimbun. Membuat suasana jadi sejuk dan nyaman .

Itulah beberapa wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi. Lalu manakah yang paling kamu favoritkan dan ingin segera kamu kunjungi dalam waktu dekat?

No more articles